You are here:

Winch – Penjelasan, Jenis, Sistem Kerja Lengkapnya

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah Anda melihat barang-barang yang sangat besar di pelabuhan akan diangkut menggunakan alat. Winch adalah alat yang membantu pekerjaan manusia di kawasan perkapalan. Untuk mengetahui informasi detail mengenai winch, berikut penjelasannya.

Apa Itu Winch? 

Winch adalah alat di deck kapal yang berfungsi untuk menarik dan mengulur beban berat yang tidak dapat dilakukan oleh tenaga manusia. Winch lazim dikenal dengan istilah derek. Penggunaanya tidak hanya terbatas pada kapal-kapal besar saja, namun sangat luas sampai kapal kecil sekalipun memiliki satu atau lebih winch di atas deck kapal.

Jenis Jenis Winch

Terdapat beberapa jenis winch pada kapal dengan fungsi tersendiri, berikut ini merupakan jenis jenis winch yang patut diketahui.

  1. Electric Winch

Electric Winch adalah winch yang menggunakan motor listrik sebagai tenaga penggeraknya dengan perantara kopling, roda cacing dan pertolongan pemindah roda gigi agar berputar dan berfungsi, akibatnya beban dapat ditarik atau diangkat. 

Keuntungan menggunakan electric winch adalah konstruksinya yang sederhana, harga murah, dapat dipercaya, dan perawatan serta perbaikan mudah serta ekonomis. Sementara kerugian yang dimiliki dari winch electric adalah tenaga yang dihasilkan kecil. 

  1. Hydraulic Winch

Hydraulic Winch adalah winch yang menggunakan fluida berjenis oli sebagai tenaga penggeraknya yang didorong oleh pompa. Winch jenis ini memang masih belum banyak digunakan di Indonesia padahal sebetulnya winch ini mempunyai potensi yang menarik dan unggul.

Bentuk nya menyerupai Winch Electric tidur, yang menjadi pembeda adalah kehadiran selang selang di sisi-sisi nya. Untuk menggerakan Winch ini mengandalkan tekanan oli bertegangan tinggi (high pressure) yang diambil dari dari pompa power steering mobil. Secara otomatis winch ini masih bisa bekerja selama mesin masih hidup dan tidak memerlukan arus listrik seperti winch elektrik.

Beberapa keunggulan dari hydraulic winch adalah tidak memerlukan arus listrik, bisa tetap beroperasi meskipun terendam air, mempunyai daya tarik yang lebih besar dibanding winch elektrik sekelas, tidak mudah overheat, dapat bekerja dengan kecepatan beban yang dapat diatur dengan mudah dan sama sekali tidak rebut

Sedangkan kekurangan dari hydraulic winch adalah harganya yang lebih mahal jika dibandingkan winch jenis lain, konstruksinya ruwet, tidak ekonomis dan perawatan serta perbaikan yang yang sulit.

  1. Winch Cargo 

Berdasarkan namanya, winch cargo merupakan winch yang digunakan untuk mengangkat dan menurunkan barang atau menarik dan mengulur tali tross. 

Fungsinya digunakan pada kapal perikanan modern sebagai alat bantu penangkapan ikan, seperti line hauler pada kapal long line, winch penarik jarring pure sein (power blok), winch penarik gill net dan winch penarik jarring trawl pada kapal trawl, ikan, atau trawl udang.

  1. Winch Power Take Off (PTO)

Winch Power Take Off atau PTO digerakkan menggunakan tenaga mesin yang disalurkan melalui kopel yang keluar dari output transfer case. Oleh karenanya, winch jenis ini hanya bisa digunakan oleh kendaraan yang transfer case yang memiliki output khusus PTO.

Itulah pembahasan jenis jenis winch. Ternyata winch memiliki aneka ragam variasi sesuai dengan fungsi dan penggunaannya.

Sistem Kerja Winch Hidrolik

Sistem kerja Winch hidrolik biasanya dirancang dengan beban berperingkat besar, cocok untuk tugas yang paling menuntut di darat dan air. Winch tugas berat ini biasanya digunakan di kapal, pantai, dan dermaga untuk melakukan banyak tugas yang berbeda. 

Winch didukung oleh sistem hidrolik, sehingga dapat mengirimkan kekuatan yang kuat untuk menangani sejumlah besar pekerjaan. Ketika memilih winche untuk aplikasi laut, efisiensi energi sangat penting. Karena ukuran sistem dan peralatan hidrolik, winch hidrolik adalah pilihan terbaik untuk kapal besar.

Demikian informasi mengenai winch mulai dari pengertian, jenis-jenis dan sistem kerja winch. Winch adalah alat yang penting di dunia perkapalan sebab mampu meringankan pekerjaan dan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien. Untuk mendapatkan winch yang berkuliatas silahkan mengunjungi website wira.co.id

Artikel Terkait