You are here:

Sifat Logam – Pengertian, Sifatnya Hingga Warna Logam

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
sifat-logam

Ketika mendengar kata logam, tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Dikarenakan pada umumnya, logam merupakan suatu material yang sangat sering dipakai sebagai bahan dasar suatu alat atau bahan. Terkenal dengan kekerasan dan kepadatan yang cukup tinggi, membuatnya dapat menjadi penghantar listrik yang baik. Selain itu, sifat logam lainnya juga memberikan banyak keunggulan.

Dengan ditawarkannya berbagai keunggulan yang ada, tak heran membuat material logam banyak digunakan pada banyak bidang industri. Mampu menjadi konduktor listrik yang baik, tak ayal bahwa logam sangat diminati untuk digunakan sebagai bahan dasar. Lantas seperti apa sifat logam dan warna logam? Simak pembahasan seputar logam berikut ini.

Apa Itu Sifat Logam?

Kata logam, merupakan sebuah bahasa yang berasal dari Yunani. Yang mana berarti metallon, atau dalam bahasa inggris disebut metal. Sebuah kata metallon ini merujuk pada salah satu unsur kimia. Dalam unsur tersebut mampu membentuk ion serta mempunyai sifat tertentu yang melekat di dalamnya. Unsur ini menjadi salah satu elemen yang juga menyusun bumi. 

Logam merupakan sebuah material yang mana memiliki berbagai sifat sangat kuat dan unggul. Seperti yang diketahui, bahwa sifat logam adalah suatu sifat atau karakter bawaan dari berbagai zat yang menyusunnya. Dengan memiliki beragam sifat logam, material ini banyak digunakan dalam dunia industri. Dapat diolah menjadi berbagai produk seperti mainan, pipa, mesin atau bahkan sebuah komponen PC. 

Umumnya memiliki kepadatan bahan penyusun yang cukup tinggi. Sehingga material ini sulit untuk ditembus cahaya dan dapat mengalirkan sebuah aliran listrik yang baik. Selain itu, material satu ini juga mudah untuk ditempa ataupun direnggangkan. Sehingga dapat dengan mudah untuk dibentuk menjadi berbagai jenis. Meskipun begitu, material logam sangat sedikit kemungkinan untuk mengalami kerusakan yang fatal.

Secara garis besar, bila dilihat dari dari sifatnya. Sebuah logam mampu membentuk suatu ion positif, yang mana dengan cara melepaskan lawannya yakni elektron negatif. Dengan begitu, material ini dapat menjadi konduktor yang sangat baik. 

Namun, bila dilihat pada tabel periodik. Sesuai dengan bentuk urutan dari atas ke bawah, yang mana dalam satu golongan. Maka dari tabel itu dapat terlihat bahwa sifat logam pada unsur akan mengalami penambahan secara terus-menerus. Sedangkan, bila urutan dari kiri ke kanan. Maka dapat dipastikan sifat logamnya akan berkurang. 

Warna Pada Logam 

Sebuah logam umumnya memiliki warna yang hampir sama dan cenderung mirip-mirip. Kebanyakan dari jenisnya mempunyai varian warna mulai dari abu-abu, perak, emas, silver, kemerahan dan masih banyak lainnya. Umumnya, sebuah material logam banyak digunakan untuk berbagai keperluan industri dan bahkan digunakan untuk bahan utama mata uang. 

Warna logam yang sering dilihat oleh kebanyakan orang umumnya berbeda-beda. Sebagai contoh, untuk tembaga biasanya terlihat berwarna coklat kemerahan atau merah tembaga. Material logam jenis emas umumnya terlihat menonjolkan warna kuning bersinar atau kuning keemasan. 

Sedangkan, pada perak memperlihatkan warna putih bersinar atau putih keperakan. Kebanyakan orang awam sangat hafal dengan warna-warna logam tersebut. Dikarenakan, memang pada warna logam memperlihatkan ciri atau warna khasnya masing-masing. Yang mana dipergunakan untuk mempermudah dalam membedakan dengan jenis atau sifat logam lainnya. 

Memiliki warna logam yang berbeda, ini disebabkan oleh susunan elektron yang berbeda-beda. Terbentuk berdasarkan suatu transisi elektron antar berbagai ikatan-ikatan dalam energinya. Selain itu, kemampuan menyerap cahaya dalam sifat logam juga sedikit banyak memberikan pengaruh dalam warna logam yang ditampilkan.

Sifat Umum Logam 

Unsur logam memiliki sifat-sifat tertentu yang dapat membedakannya dengan unsur-unsur komponen lain. Pada sifat logam umumnya, berbeda dan sangat bergantung pada jenisnya. Namun, terdapat beberapa sifat logam yang memiliki kesamaan antara satu dengan yang lainnya. Lantas apa saja sifatnya? Berikut ini merupakan beberapa sifat logam, diantaranya :

1. Menjadi Konduktor Listrik dan Panas yang Baik

Logam yang terkenal dengan sifatnya yang menjadi sebuah konduktor listrik dan panas yang baik. Nah, sifat inilah yang dimiliki oleh semua jenis logam. Dalam menjadi konduktor listrik yang baik, disebabkan ketika terdapat salah satu bagian logam dipanaskan maka elektron lainnya akan diterima dalam bentuk panas. 

Adanya sebuah energi panas, kemudian mengakibatkan gerakan atau sebuah energi kinetik. Dengan adanya energi kinetik yang semakin bertambah, nantinya akan disalurkan kepada elektron lainnya. Hal inilah yang membuat logam menjadi panas pada salah satu bagiannya. 

Tak hanya menjadi konduktor listrik, sifat logam lainnya juga mampu menghantarkan panas. Sifat ini disebabkan oleh elektron pada logam yang terus bertambah cepat. Sehingga memiliki energi kinetik yang maksimal dan mampu menimbulkan suatu energi panas. 

2. Mudah Ditempa dan Direnggangkan

Seperti yang diketahui, bahwa banyak produk yang terbuat atau tercipta dari suatu material logam. Produk tersebut mampu hadir dikarenakan memanfaatkan sifat logam yakni mudah untuk dibentuk dan ditempa. Sehingga memungkinkan untuk dibentuk sedemikian rupa dengan beragam bentuk sesuai kebutuhan. 

Sifat ini bergantung dari adanya lapisan-lapisan atom yang menggelincir pada lapisan terluar sebuah atom lainnya. Mudah tidaknya untuk dibentuk atau ditempa sangat bergantung dengan lapisan ini. Semakin mudah lapisan ini menggelincir, maka semakin mudah dalam pembentukan atau menempa sebuah logam. Sehingga logam tidak mudah hancur. 

3. Kuat Kecuali Raksa

Logam yang sangat terkenal dengan kekuatannya, menjadi ciri atau sifat logam yang khas. Semua jenis logam umumnya memiliki bentuk yang padat, kecuali untuk jenis logam satu ini, yaitu raksa. Perlu diketahui bahwa, sifat kuat logam dapat ditingkatkan dengan cara dicampur jenis logam atau non logam lainnya. Dengan melakukan sebuah percampuran, maka akan dihasilkan sebuah ciri atau sifat baru dan dapat memberikan manfaat baru bagi manusia.

4. Mengkilap Bila Terkena Cahaya

Sifat logam lainnya adalah mengkilap apabila terkena sebuah cahaya atau ketika digosokkan. Sifat ini didapatkan dengan cara, cahaya matahari mengenai permukaan logam dan mampu memantulkan cahaya tersebut. Umumnya, sifat ini kebanyakan dimanfaatkan untuk perhiasan.

5. Kerapatan yang Relatif Tinggi

Biasanya logam memiliki kerapatan yang tinggi. Sifat kerapatan logam satu ini menunjukkan adanya struktur logam. Seperti pada tipe a menunjukkan struktur kubus sederhana atau simple cubic. Untuk tipe b memperlihatkan struktur kubus berpusat tubuh atau body centered cubic. Dan yang terakhir tipe c adalah struktur kubus berpusat muka atau face centered cubic. 

Uji Kekerasan Sifat Logam

Setiap jenis logam yang akan digunakan dalam dunia industri atau pasaran. Tentunya akan dilakukan sebuah pengujian terlebih dahulu. Harus melewati beberapa quality control yaitu dengan melakukan sebuah pengujian. Berikut terdapat beberapa pengujian yang sangat umum dan sering dilakukan, antara lain :

1. Hardness Test

Sesuai dengan nama pengujian yang akan dilakukan, yakni akan dicek sebuah tingkat kekerasan pada logam. Dalam melakukan tes ini, perlu menggunakan alat dikarenakan mengecek seberapa kuat dan keras suatu material logam yang akan digunakan. Proses ini dilakukan sebanyak dua kali, yakni saat masuk dan selesai proses. Biasanya karena nilai kekerasan yang dihasilkan akan berbeda.

2. Compression Test

Selanjutnya terdapat sebuah uji tekan. Untuk setiap jenis logam tentunya memiliki tingkat ketahanan yang pastinya berbeda. Oleh sebab itu, diperlukan pengujian yang namanya compression test. Biasanya menggunakan sebuah alat yang bernama compression tester. 

3. Tensile Strength

Pengujian terakhir yang sangat umum untuk dilakukan adalah uji tarik. Dalam uji tarik ini, sebuah logam, memiliki fleksibilitas atau tingkat kelenturan yang berbeda. Apabila ingin mengetahuinya maka diperlukan sebuah pengujian ini. Umumnya menggunakan sebuah alat yang bernama tensile machine. 

Berbagai Manfaat Logam 

Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya banyak orang yang sangat tergantung dengan adanya sebuah elemen logam. Keberadaan material ini, sangat mampu menyebabkan atau memberikan pengaruh pada naik turunnya nilai ekonomi dunia. Sangat berguna dan bermanfaat pada berbagai faktor kehidupan mulai dari alat-alat komunikasi, konstruksi, biomedis, produksi, transportasi bahkan pertanian.

Pada dunia komputer, umumnya digunakan untuk perangkat elektronik yang memerlukan konduktor seperti TV, radio, stereo atau sebuah radio. Untuk bahan konstruksi juga dapat dipakai pada paku dan baja. Pada pengawetan makanan, biasanya dipakai untuk bahan pembuat microwave, oven bahkan lemari es. Selain itu, alat komunikasi seperti satelit juga terbuat dari bahan logam. 

Ataupun pada bidang aerospace, roket yang digunakan seringkali berasal dari logam. Pada aplikasi biomedis, logam mampu digunakan sebagai pengganti sendi buatan dan protesis. Jika dilihat pada dunia produksi, sangat banyak alat yang berasal dari logam yakni boiler, turbin, reaktor, pipa, generator dan transformator. Bahkan pada bidang pertanian, seperti traktor atau alat tani lainnya juga terbuat dari logam.

Bila dilihat pada lingkungan sekitar kita, tentunya pada rumah tangga. Banyak alat atau perabotan yang terbuat dari material ini antara lain oven, blender, penyedot debu, pipa, pemanas air, pompa dan tentunya masih banyak lainnya. Pada transportasi, layaknya mobil, bus, truk atau bahkan semua alat kendaraan lainnya juga terbuat dari logam. 

Itulah pembahasan seputar sifat-sifat logam. Mulai dari pengertiannya, sifat umum logam, warna logam, pengujian logam bahkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya material logam ini tentunya akan dapat dengan mudah membantu atau meringankan pekerjaan manusia. Sifat logam yang berbeda-beda tentunya memberikan keunggulan dan manfaat yang beragam. 

Artikel Terkait