You are here:

Semen Mortar – Pengertian, Jenis, Fungsi dan Keunggulan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
semen-mortar

Artikel ini memuat informasi umum mengenai topik yang dibahas dan PT Wira tidak menjual produk terkait. Harga yang tercantum dapat berbeda dengan harga asli di pasaran.

Seiring majunya perkembangan zaman dan teknologi, terdapat berbagai bahan bangunan yang tercipta dipergunakan secara instan dan cepat. Seperti halnya untuk jenis semen, tentunya material ini menjadi bahan bangunan yang sangat umum dan banyak dipakai. Kini telah hadir sebuah inovasi baru berupa semen mortar atau yang umum disebut sebagai mortar plester.

Dengan kehadiran inovasi semen seperti ini, tentunya memberikan manfaat guna mengatasi masalah dalam pembangunan. Adanya semen mortar, yang mana menjadi sebuah bahan semen instan. Namun, sebenarnya apakah yang menjadi pembeda mortar plester dengan jenis semen biasanya? Simak pembahasan lengkap mengenai semen mortar, berikut ini.

Apa Itu Semen Mortar ?

Apabila Anda sedang membangun sebuah bangunan rumah atau sebagianya, lalu kebingungan ketika mendengar nama semen mortar. Alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu mu acian atau mortar plester? Secara umumnya, jenis semen ini merupakan semen instan yang dapat digunakan dengan sangat mudah. 

Semen ini merupakan bahan bagunan yang sangat mudah untuk digunakan atau diaplikasikan. Tanpa perlu menggunakan banyak campuran dengan material lain, jenis ini sudah dapat dipakai secara langsung. Dalam pemakaiannya, semen mortar cukup dicampur dengan tambahan air biasa saja selanjutnya sudah dapat Anda gunakan pada lapisan dinding atau sebagai perekat. 

Secara umum, kandungan yang ada dalam jenis semen ini sangat berperan aktif dan berpengaruh terhadap keunggulan mu acian. Terdapat sebuah kandungan berupa pasir khusus, semen PC1, bahan-bahan pengisi seperti premium filler dan tak lupa beberapa tambahan bahan aditif lainnya. 

Berbagai bahan yang menyusun semen ini, telah diracik atau diformulasi secara khusus. Yang mana agar dapat sesuai dengan kegunaan atau fungsi khusus dari produk semen ini. Produk mortar memiliki sifat instan yang secara umum dapat langsung digunakan atau diaplikasikan.

Merupakan sebuah inovasi baru, yang mana menjadi bahan bangunan alternatif. Menjadi pengganti sebuah bahan adukan semen dan pasir konvensional. Serta terkenal dengan banyaknya dan berbagai keunggulan yang ditawarkan, sehingga mampu menjadi produk yang lebih praktis, efisien dan berkualitas. 

Semen mortar sangat cocok digunakan apabila Anda, ingin memiliki hasil tampilan atau finishing bangunan dengan kesan yang estetik atau mempunyai keindahan tersendiri. Jenis semen ini memiliki beberapa pembagian dan klasifikasi sesuai dengan kegunaannya. Sehingga apabila akan digunakan untuk finishing, maka dapat dilihat sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan. 

Fungsi dan Kegunaan Semen Mortar

Jenis semen ini kebanyakan dipergunakan untuk menciptakan hasil bangunan dengan sangat indah dan bagus. Tak hanya itu, dalam penggunaannya juga mampu menghasilkan nilai estetika terhadap suatu bangunan. Tentunya dalam sebuah bangunan segi keindahan menjadi nilai penting atau sebagai perhiasan utama. 

Ketika dalam proses pembangunan, hal yang menjadi penentu mutu kualitas bangunan terletak pada pemilihan pasirnya. Tak hanya itu, dari segi tukang bangunan juga mampu memberikan pengaruh terhadap kualitas bangunan. Yang mana dilihat dari cara pengadukan adonan bangunan sudah sesuai dengan takaran yang pas dan benar atau belum. 

Apabila suatu adukan yang dihasilkan tidak menghasilkan atau memiliki mutu bahan yang bagus. Maka suatu campuran materialnya menjadi tidak dapat terkontrol dengan baik. Hal tersebut mampu menyebabkan atau menimbulkan suatu permasalahan. Mulai dari gejala dinding yang retak, susunan dinding tidak rapi, adanya rembesan air, timbulnya jamur dan plesteran dinding yang rapuh serta masih banyak gejala lainnya. 

Namun, kini tak usah ragu dan bimbang. Dikarenakan telah hadirnya sebuah inovasi semen atau bahan bangunan baru, saat ini Anda tidak perlu takut dengan kualitas mutu yang dihadirkan. Dengan adanya semen mortar atau sebuah semen instan, tidak perlu diragukan lagi kualitas dan mutu bahan yang dihadirkan. 

Secara umum, mu acian adalah sebuah bahan bangunan hasil pabrik. Yang mana hasil campuran antara pasir, semen dan bahan lainnya serta sangat berguna untuk fungsi pembangunan. Sering dipergunakan dan dimanfaatkan untuk memasang keramik, merekatkan batu bata dan bahkan melakukan proses pengecoran. 

Tak hanya itu, semen mortar juga sering dipakai untuk menghasilkan finishing yang indah atau mampu menghasilkan nilai keindahan yang berbeda. Ketika bangunan sudah siap untuk digunakan, namun pemilik ingin menambahkan sebuah nilai estetika atau keindahan maka tak ada salahnya untuk memakai jenis semen ini. Bila menggunakan pada finishing mampu menimbulkan kesan bangunan yang industrial. 

Bahan Semen Mortar

Dalam proses pembuatan semen instan ini sangatlah berbeda dengan proses pembuatan jenis semen biasanya. Umumnya, dalam pembuatannya telah menggunakan sebuah teknologi yang didesain sedemikian rupa. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah proses pencampuran antara komponen penyusunnya. 

Selain itu, pada prosesnya sangat diperhatikan guna menjamin kualitas dan menjaga mutu semen yang akan dihadirkan atau diperjualbelikan. Sesuai dengan proses pembuatannya, bahan yang digunakan untuk membuat semen mortar juga berbeda dengan bahan semen biasa. 

Apabila dibandingkan dengan semen biasa, bahan pembuatnya hanya membutuhkan satu jenis bahan saja. Sedangkan untuk mu acian ini merupakan percampuran antara semen zat aditif dengan pasir silika. Serta tak lupa tambahan beberapa material lainnya yang dicampur hingga menyatu menjadi satu. 

Berbagai bahan pembuat dan kandungan yang ada di dalam mortar plester sangat memberikan kemudahan bagi penggunanya. Mampu membantu menjadi sebuah aplikator dan finishing yang lebih efisien. Sehingga mampu mempersingkat waktu pengerjaan dan memiliki kualitas bangunan yang bagus. 

Jenis-Jenis Semen Mortar

Umumnya, semen ini memiliki beberapa jenis dan klasifikasi pembagiannya. Hal tersebut disesuaikan dengan fungsi atau bahkan kegunaan dalam pengaplikasiannya. Kebanyakan rata-rata jenis semen ini, diformulasikan khusus sesuai dengan pekerjaan finishing bangunan. 

Secara garis besar, penggunaan semen ini sering dipakai untuk sebuah hunian. Mampu memberikan keunggulan berupa kualitas bangunan yang bagus dan sangat ekonomis. Bila ingin melihat keunggulannya maka ketahuilah beberapa jenis semen mortar sesuai dengan fungsinya. Inilah beberapa jenis atau pembagian semen ini, diantaranya :

1. Thinbed Mortar

Untuk jenis yang pertama ada thinbed mortar. Jenis ini merupakan mortar perekat sebuah bata ringan. Sering disebut sebagai lem perekat sebuah hebel, dikarenakan sangat tipis dan hemat dalam pemakaiannya. Umumnya daya sebar yang dihasilkan kurang lebih 10 meter sampai dengan 14 meter. 

2. Mortar Acian Instant

Semen mortar ini adalah semen yang telah diformulasikan khusus. Yang mana agar dapat menghasilkan permukaan dinding yang jauh lebih halus. Hasil tampilan yang disajikan sangat berbeda dengan jenis semen biasa. Mortar acian bersifat anti retak dan memiliki warna yang jauh lebih cerah. Mampu memberikan sebuah keuntungan berupa lebih hemat biaya dikarenakan tak memerlukan sebuah plamir. 

3. Plester Dinding

Mortar plester dinding merupakan sebuah semen mortar siap pakai. Umumnya dapat diaplikasikan pada dinding bata ringan, bata merah atau bahkan sebuah batako sekalipun. Ketika menggunakan semen ini, sangatlah mudah dan praktis dikarenakan tidak perlu mencampurkan bahan material lain. 

4. Mortar Perekat Keramik

Tentunya banyak pemilik bangunan yang ingin menggunakan keramik untuk melapisi lantainya. Tak jarang ditemukan banyak fenomena popping, yang mana sebuah keramik yang telah terpasang terlepas atau terangkat. Hal tersebut kebanyakan disebabkan oleh pengaruh cuaca atau susunan dari materialnya. 

Dengan menggunakan mortar plester keramik ini, tentunya mampu memberikan hasil yang memuaskan. Dalam pengaplikasiannya sering digunakan untuk merekatkan keramik pada lantai dan dinding. Semen mortar ini diformulasikan agar keramik merekat sangat kuat. 

5. Protection Mortar

Untuk jenis yang terakhir ada mortar pelindung. Jenis ini merupakan semen yang kedap air, anti korosi atau pelapukan dan bahkan semen ini dapat meningkatkan kekuatan atau daya tahan. Selain itu, mampu menjadi sebuah insulasi panas dan suara. Sehingga mampu memberikan kenyamanan kepada pengguna sebuah bangunan.

Keunggulan dan Kelebihan Semen Mortar

Secara keseluruhan , semen ini memberikan banyak keunggulan dibandingkan dengan semen biasa. Merupakan sebuah kombinasi dari beberapa bahan bangunan yang dicampur dengan sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan kualitas dan mutu yang bagus dan terjaga. 

Semen instan sering disebut sebagai dry mortar, yang mana dirancang untuk meningkatkan efisiensi waktu dan biaya pengerjaan konstruksi. Selain itu, juga meminimalkan risiko adanya salah takaran dalam tahap pencampuran bahan. Lantas apa saja keunggulan yang ditawarkan? Berikut beberapa kelebihan atau keunggulan dari adanya semen mortar, antara lain :

1. Pengaplikasian dan Penyimpanan Lebih Mudah

Ketika menggunakan semen ini dalam konstruksi bangunan Anda, tentunya akan merasa jauh lebih dimudahkan dalam penggunaannya. Dalam penggunaannya sangat mudah dikarenakan tidak perlu dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Sehingga dapat mempersingkat waktu pengerjaan. 

Selain itu, dalam kemasan semen mortar berbeda dengan kemasan semen biasanya. Umumnya, jenis ini sangat mudah disimpan. Sehingga tidak terlalu memadati tempat yang ada. Dengan begitu, mampu menghasilkan tempat yang lebih luas atau space yang lebih besar. 

2. Menghemat Waktu dan Biaya

Secara umum, ketika melakukan sebuah pembangunan tentunya semen yang akan dipakai harus dicampurkan terlebih dahulu. Semen biasa wajib untuk dicampurkan dengan beberapa material bahan lainnya. Ketika menggunakan cara tradisional tentunya akan memakan waktu yang lebih lama. 

Ketika menggunakan semen mortar akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan semen biasa. Dikarenakan hanya perlu menambahkan air sebagai bahan campurannya. Selanjutnya material ini sudah dapat Anda gunakan. Selain menghemat waktu, penggunaan semen ini juga mampu menghemat biaya yang dikeluarkan. 

Saat menggunakannya dapat diperkirakan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Dapat dilakukan kalkulasi dengan sebuah kalkulator penghitung semen. Sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran. 

3. Kualitasnya Sangat Terjamin

Dalam proses pembuatannya yang sedemikian rupa, dengan menggunakan berbagai teknologi yang ada. Diharapkan mampu menjamin ketepatan dan kualitas semen ini. Dengan takaran-takaran yang sesuai dengan komposisinya maka akan menghasilkan semen yang berkualitas dan terjamin mutunya. 

4. Daya Rekat Lebih Tinggi dan Kuat

Kandungan yang ada dalam jenis semen ini, seperti zat atau bahan aditif tambahan dalam proses pembuatan semen instan. Hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan sebuah kualitas yang sesuai dengan standar. Apabila semen yang dihasilkan sesuai maka akan memiliki daya rekat yang kuat. 

5. Area Proyek Lebih Bersih 

Apabila menggunakan semen ini, maka lokasi atau lapangan proyek akan jauh lebih bersih. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya bahan bangunan yang digunakan secara berserakan. Sebagai contoh bahan bangunan seperti pasir atau kerikil. Bila menggunakan jenis semen biasa, maka bahan bangunan akan jauh lebih berantakan. 

Itulah pembahasan lebih lengkap seputar semen mortar. Mulai dari definisi, fungsi, bahan pembuatnya, jenis-jenis dan bahkan keunggulan yang diberikan. Dengan adanya sebuah inovasi baru berupa semen mortar, tentunya memberikan kemudahan dalam pengerjaan. Selain itu, juga mampu memberikan kesan yang jauh lebih futuristik dan sebuah bangunan memiliki kesan yang estetik.

Artikel Terkait