You are here:

Harga Reng Baja Ringan — Ukuran dan Jarak Pasang

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Harga reng baja ringan berkisar antara Rp29.000 hingga Rp60.000. Dibanding profil baja ringan lainnya, harga jenis reng lebih murah. Mengapa demikian?

Reng baja ringan atau biasa disebut dengan profil B adalah jenis baja ringan yang berfungsi sebagai peletakan genteng dan penutup atap bangunan. Reng baja ringan juga berfungsi untuk mengikat rangka kuda-kuda konstruksi atap. 

Reng baja ringan memiliki bentuk trapesium dengan ukuran ketebalan dari 0.40 mm hingga 0.45 mm dan tinggi profil 28 mm – 40 mm. Semakin tinggi profil reng, maka akan tumpuan akan semakin kokoh. Reng baja ringan terbuat dari bahan plat baja yang lebih tipis daripada jenis atau profil baja ringan lainnya. Oleh karena itu, harga reng baja ringan lebih terjangkau.

Harga Reng Baja Ringan

Dari segi biaya, Anda tidak perlu begitu khawatir karena harga reng baja ringan per batang tidak lebih mahal dari jenis lainnya. Pada umumnya, harga akan bergantung dengan kualitas bahan, ukuran ketebalan, dan tinggi profil. Berikut adalah kisaran harga reng baja ringan yang ada di pasaran.

Tabel Harga Reng Baja Ringan

No.

Jenis

Panjang

Harga

1.

Reng Baja Ringan 0.40 mm

6 meter

Rp35.000 – Rp55.000

2.

Reng Baja Ringan 0.45 mm

6 meter

Rp40.000 – Rp60.000

3.

Reng Baja Ringan 28.45

6 meter

Rp29.000

4.

Reng Baja Ringan 30.45

6 meter

Rp32.000

5.

Reng Baja Ringan 31.45

6 meter

Rp29.000

Ukuran Reng Baja Ringan

Ukuran reng baja ringan dapat dibedakan menjadi ukuran ketebalan dan ukuran tinggi profil. Adapun ukuran ketebalan reng pada umumnya adalah 0.45 mm. Namun demikian ada juga ukuran ketebalan 0.40 mm hingga 0.60 mm. Sedangkan tinggi profil dari reng baja ringan adalah 28 mm, 30 mm, 31 mm, 40 mm, 70 mm, hingga 100 mm. 

Spesifikasi reng baja ringan mampu mempengaruhi daya kuat rangka untuk menopang atap. Semakin tinggi spesifikasi reng baja ringan pada profilnya, maka akan lebih kokoh untuk menahan berat dari genteng.

Jarak Pemasangan Reng Baja Ringan

Sebelum memasang reng baja ringan, ada baiknya untuk memperhatikan jenis genteng yang akan Anda pakai untuk penutup bangunan. Jarak pemasangan tentu akan berbeda pula untuk setiap jenis genteng yang akan dipakai. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa contoh jenis genteng dan jarak pemasangan reng baja ringan yang sesuai.

1. Genteng Cor/Beton

Genteng cor atau beton adalah jenis genteng yang terbuat dari campuran semen dan pasir yang kemudian ditempa dengan tekanan dan panas. Daya tutup genteng cor adalah 11 genteng per meter perseginya. 

Standar kemiringan genteng ini adalah 30-60 derajat. Namun pada umumnya rata-rata kemiringan yang diterapkan adalah 30-35 derajat. Sedangkan untuk jarang reng baja ringan masing-masing adalah 25.5 cm hingga 35.5 cm

2. Genteng Karang Pilang

Genteng karang pilang terbuat dari bahan tanah liat sehingga mampu meredam panas dari sinar matahari. Genteng ini berwarna merah, mirip dengan tanah liat. Untuk pemasangan reng baja ringan umumnya dilakukan dengan jarak antara 22.5 cm hingga 27 cm dan dipasang pada kemiringan atap 35-45 derajat.

3. Genteng Keramik

Genteng keramik juga terbuat dari tanah liat. Hanya saja genteng ini dilapisi oleh zat pewarna glasur. Jarak pemasangan reng genteng keramik adalah 26 cm dengan kemiringan rata-rata 30-45 derajat.

4. Genteng Metal

Bentuk genteng metal umumnya adalah lembaran, berbeda dengan genteng lainnya. Oleh karena itu pula pemasangannya perlu ditanam pada balok rangka dengan sekrup. Untuk jarak pemasangan reng genteng metal adalah 36 cm hingga 38.5 cm dengan kemiringan normal 15-30 derajat.

5. Genteng Onduline

Genteng onduline adalah jenis genteng yang dibuat dari campuran bitumen dan daur ulang serat selulosa. Genteng onduline juga memiliki bobot ringan dan berbentuk gelombang. Jarak reng baja ringan untuk genteng onduline adalah 45 cm hingga 60 cm dan dipasang pada kemiringan 15-30 derajat.

6. Genteng Galvalum/Spandek/Trimdek

Genteng galvalum/spandek/trimdek terbuat dari baja lapis hasil kombinasi aluminium, galvanis, zinc, dan silikon. Genteng jenis ini memiliki bentuk lembaran dengan gelombang yang bervariasi. Untuk memasang genteng ini pada reng baja, jarak yang dibutuhkan adalah 60 cm. Pada umumnya, genteng galvalum dipasang pada kemiringan 5-20 derajat.

7. Genteng Asbes

Genteng asbes terbuat dari serat-serat asbes yang dipintal dan kemudian dicampur oleh material lain. Genteng ini memiliki harga yang murah namun memiliki efek samping berbahaya untuk kesehatan manusia. Genteng asbes memiliki bentuk lembaran dengan gelombang.

Untuk pemasangan reng genteng asbes biasanya dilakukan dengan jarak 60 cm pada kemiringan 5-25 derajat. 

Itulah penjelasan singkat mengenai harga, ukuran dan jarak reng baja ringan sesuai dengan jenis genteng yang akan dipasang. Reng baja ringan mampu menjamin ketahanan rangka atap bangunan Anda karena terbuat dari material baja ringan yang umumnya dilapisi oleh aluminium dan zinc. Sehingga membuatnya tahan akan karat dan rayap.

 
 

Artikel Terkait