You are here:

Cara Kerja Pressure Tank pada Pompa, Fungsi, dan Harganya

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Pressure tank

Sudahkah Anda memahami apa itu pressure tank? Dan mengapa kita membutuhkannya dalam sistem air? Pressure tank adalah alat yang berfungsi menyediakan pasokan cadangan air saat kebutuhan tinggi. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan air untuk mandi maupun memasak.

Lebih lanjut, kali ini Wira akan membahas mengenai fungsi pressure tank pada pompa, cara kerja, hingga harganya.

Apa itu pressure tank

Water pressure tank adalah tangki untuk penampungan air bertekanan sementara. Adapun fungsinya yakni menstabilkan tekanan air di pipa. Penggunaan tangki ini dapat meringankan kinerja pompa dari keadaan start-stop yang terlalu sering.

Di dalam tangki tekanan terdapat karet diafragma yang membagi tangki menjadi dua bagian, yakni bagian basah dan bagian kering. Bagian kering memiliki katup ban yang melekat padanya, dan udara terkompresi dipompa ke dalamnya hingga tekanan berada pada tingkat tertentu.

Sementara, bagian basah memiliki outlet berkulit logam atau kadang plastik yang melekat padanya dan ini terhubung ke pipa untuk pompa tekanan.

Fungsi pressure tank pada pompa

Selain sebagai penampung air bertekanan dan juga meringankan kinerja pompa air, ternyata ada fungsi lain dari tangki ini. Adapun fungsi tangki tekanan adalah sebagai berikut:

  1. Tangki tekanan dapat menyimpan dan menyediakan air di bawah tekanan saat pompa tidak bekerja.
  2. Tangki berikut juga bisa membangun cadangan pasokan air sehingga mengurangi pompa start-stop, atau dengan kata lain fungsi tank tersebut yaitu memperpanjang umur pompa.
  3. Fungsi yang paling penting dari tangki tekanan adalah menyediakan pasokan cadangan air untuk digunakan saat permintaan sedang tinggi-tingnya.

Cara kerja pressure tank

Tangki tekanan berfungsi untuk menstabilkan tekanan air pada kran. Alat ini dilengkapi dengan membran yang berguna menjaga daya tahan otomatis pressure switch.

Sementara itu, tangki pressure berisi udara bertekanan di membran yang membantu menghasilkan tekanan air lebih stabil pada pompa. Tabung dengan membran ini memisahkan air supaya tabung tidak berkarat akibat menyentuh bagian dalam.

Cara kerjanya adalah sebagai berikut. Sebagai contoh, kita mengatur pressure switch pada 2 bar pompa on dan 4 bar pompa off.

  1. Pompa air pada kondisi belum dihidupkan memiliki tekanan air dalam pipa 0 bar. Sementara tekanan udara tangki sesuai setelan pabrik yakni 1,5 bar untuk standar. Anda bisa mengubahnya dengan menambah atau menguranginya hingga kempis.
  2. Ketika pompa mulai hidup dan tekanan air menekan membran, maka membran akan membesar dan membuat udara di dalam tangki tertekan. Jika tidak ada yang membuka keran, maka tekanan air terus naik.
  3. Pompa terus menekan air di dalam membran hingga mencapai titik maksimal 4 bar dan pompa akan off. Udara pada tangki pun turut tertekan naik menjadi 4 bar.
  4. Setelah pompa off, selanjutnya ada keran yang dibuka dengan tujuan menurunkan tekanan air menjadi 3 bar dan seterusnya. Udara di dalam tangki akan menekan air keluar hingga mencapai tekanan paling rendah yakni 2 bar. Usai tekanan air mencapai 2 bar, maka pressure switch akan menghidupkan pompa secara otomatis. Di sini tekanan air mulai naik lagi hingga mencapai 4 bar lalu pompa akan berhenti. Begitu seterusnya.

Cara menghitung pressure tank

Pada dasarnya, cara menghitung pressure tank yang dibutuhkan sangatlah sederhana. Rumus yang paling sering digunakan yaitu dalam satu kran biasanya membutuhkan 10 liter/menit. Ini berarti apabila instalasi rumah atau kantor Anda menggunakan 15 kran, maka volume tangki yang Anda butuhkan adalah sekitar 150 liter.

Daftar harga pressure tank

Jika Anda berniat ingin membeli tangki pressure, berikut daftar kisaran harga pressure tank dengan berbagai pilihan volumenya.

 

Jenis Tangki

Harga Tangki

Tangki 2 Liter

Rp80 ribu – Rp200 ribu

Tangki 19 Liter

Rp270 ribu

Tangki 100 Liter

Rp2 juta – Rp4 juta

Tangki 500 Liter

Mulai dari Rp9 juta

 

Itulah informasi seputar fungsi tangki tekanan sekaligus cara kerjanya yang perlu Anda ketahui. Pressure tank adalah alat yang berperan penting bagi sistem air di rumah maupun kantor. Alat ini bisa menyimpan dan menyediakan air di bawah tekanan ketika pompa tidak berfungsi.

Namun, ada baiknya jika pompa tidak berfungsi atau rusak, Anda segera menggantinya dengan mesin pompa baru. Untuk hal ini, Anda dapat mempercayakan PT Wira Griya yang menyediakan berbagai macam alat serta mesin berkualitas tinggi bagi industri. Cek koleksinya di katalog kami.

Baca juga: Fungsi Gear Pump, Komponen, Cara Kerja, Hingga Daftar Harga

Artikel Terkait