You are here:

Perbedaan Hoist dan Crane

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
hoist crane gh

Kebutuhan pengangkutan objek dalam sebuah industri terbantu oleh adanya alat hoist crane. Crane hoist adalah sebuah rangkaian yang terpasang di atas atau di dinding pabrik. Pemasangan tersebut tergantung pada jenis yang dipilih.

Hoist crane gabungan antara mesin hoist dan crane. Dua bagan tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Bagi anda yang ingin memasang hoist crane, pastikan bahwa anda mengetahui informasi berikut. 

Hoist 

1. Hoist adalah

Hoist adalah kerekan yang berisi pengait dan mesin untuk mengangkat dan memindahkan sesuatu. Terdapat dua jenis hoist yaitu chain hoist dan wire rope. Perbedaan tersebut terletak pada bahan apa yang digunakan untuk mengangkat beban. Chain hoist menggunakan rantai sebagai alat pengangkat dan wire rope menggunakan tali kawat. 

2. Cara Kerja Hoist Crane

Pengoperasian hoist dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan listrik (electric hoist). Industri yang memiliki listrik terbatas disarankan untuk memakai manual hoist, karena jenis ini tidak membutuhkan listrik dalam pengoperasiannya. Sedangkan electric hoist memiliki kontrol kerja yang lebih praktis dengan remote.

Bagian mesin hoist memiliki roda yang bergerak di bidang balok yang bernama girder crane. Kemudian hoist dapat bergeser ke arah kanan atau kiri namun tetap dalam lintasan girder. Sedangkan untuk bagian tali kawat atau rantai dapat diatur “naik” untuk mengangkat barang atau “turun” untuk meletakkan. 

3. Perawatan Hoist Crane

Hoist yang baik dan penggunaan yang tepat akan membuat alat tersebut awet dan tidak mudah rusak. Tetapi perlu dilakukan perawatan dan pengecekan mesin setiap 6 bulan sekali untuk memastikan hoist bekerja dengan benar dan tidak terdapat masalah teknis.

Jika hoist telah rusak, anda bisa menggantinya menggunakan hoist yang baru tanpa harus membeli crane. Karena bagian hoist dapat dibeli secara satuan untuk menggantikan yang telah rusak.

Crane

1. Crane adalah

Crane adalah bagian derek sebagai lintasan hoist untuk bergerak ke kanan dan kiri. Terdapat bagian dimana hoist terpasang dan bisa diganti untuk diperbarui. 

Jenis crane cukup banyak, diantaranya tower crane, jib crane, gantry crane dan sebagainya. Bagi anda yang ingin mengenali berbagai jenis crane, anda bisa membaca artikel berikut ini : 12 Jenis-jenis Hoist Crane.

2. Jenis-jenis Crane

Untuk penggunaan hoist crane dalam industri, anda dapat memilih EOT crane yang lebih fleksibel dan tepat untuk indoor. Sedangkan untuk penggunaan luar ruangan dapat menggunakan gantry crane yang dilengkapi roda seperti ban mobil. 

Pada kebutuhan tertentu, sebuah industri dapat meminta crane dengan spesifikasi khusus yang disesuaikan dengan bentuk dan jenis produk apa yang dihasilkan perusahaan tersebut. Crane jenis ini disebut dengan custom crane, beberapa merk hoist crane terkenal seperti CMAK dan GH menyediakan jenis crane satu ini. 

Tahap produksi dalam sebuah industri tentunya perlu alat yang mengefisiensikan proses agar pekerjaan akan semakin mudah terselesaikan dengan baik. Untuk sebuah pabrik alat berat dan objek besar seperti industri aeronautika dapat dipastikan akan membutuhkan mesin hoist crane untuk memindahkan komponen dan merangkainya menjadi sebuah kesatuan. 

Setelah mengetahui pengertian dan perbedaan hoist crane, kini anda bisa menyesuaikan kembali kebutuhan industri dengan hoist crane mana yang sekiranya cocok digunakan. Selain dengan memilih hoist crane yang tepat, perawatan dan pemeliharaan tentunya dibutuhkan agar masa penggunaan hoist crane menjadi lebih awet. 

Jika anda memerlukan konsultasi dan diskusi untuk pemilihan jenis hoist crane, anda dapat melihat katalog atau menghubungi kontak yang telah tertera pada website kami.

Artikel Terkait