You are here:

Mengenal Fungsi Packaging, Jenis dan Ciri Packaging yang Baik

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
packaging adalah

Ketika hendak membeli suatu produk, pernahkah Anda mempertimbangkan packagingnya? Yup, packaging adalah salah satu hal yang penting, sebab berfungsi untuk melindungi isinya. Namun, ternyata fungsi packaging lebih dari itu. Packaging adalah strategi pemasaran guna menarik perhatian konsumen agar membeli produk tersebut.

Packaging yang baik haruslah memiliki keunggulan dari segi fungsionalitas, ekonomi, dan penjualan. Misalnya suatu packaging harus aman, tidak terlalu mahal, dan eye catching. Lantas, apa itu packaging? Berikut penjelasannya.

Apa itu packaging?

Packaging disebut juga kemasan. Packaging adalah pembungkus yang berfungsi untuk melindungi produk, barang jualan, dan lain sebagainya. Namun kini maknanya sudah meluas, sebab packaging tidak hanya digunakan untuk melindungi produk, melainkan juga sebagai daya tarik agar konsumen membelinya.

Konsumen saat ini cukup cerdas dalam menilai suatu barang melalui kemasan atau packagingnya. Misalnya kemasan produk kosmetik yang warnanya menarik dan disertai informasi rinci tentang bahan-bahan di dalamnya biasanya lebih disukai, sehingga konsumen terdorong untuk membelinya. 

Fungsi packaging

Dulunya fungsi packaging adalah berfokus sebagai pembungkus. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman dan perilaku konsumen, fungsinya kini menjadi lebih beragam. Adapun beberapa fungsi packaging adalah sebagai berikut.

1. Sebagai tempat produk

Fungsi utama packaging adalah sebagai tempat produk. Dalam hal ini, penjual haruslah memahami betul jenis produk apa yang akan ditempatkan dan berapa beratnya. Dengan begitu, jenis kemasan yang digunakan bisa berfungsi secara optimal.

Sebagai contoh pada produk makanan. Berikut yang termasuk packaging makanan adalah plastik, logam seperti kaleng aluminium, kaca, atau kertas.

2. Sebagai identifikasi

Fungsi packaging berikutnya yaitu sebagai identifikasi atau mengenal produk yang dijual. Pada dasarnya, banyak produk sejenis lain dan dijual bersamaan dengan produk milik Anda. Jadi, menggunakan kemasan akan membedakan produk Anda dengan produk lain. Dan ketika konsumen ingin membeli, mereka tahu bahwa produk yang mereka beli adalah produk Anda.

3. Sebagai alat komunikasi

Packaging artinya kemasan yang secara tidak langsung dapat dijadikan sebagai alat komunikasi antara produsen dan konsumen. Seringkali kemasan dilengkapi dengan merk, gambar, tag line atau semacam pesan yang membangkitkan rasa ingin tahu konsumen, komposisi produk, petunjuk penggunaan, informasi, dan lain sebagainya.

4. Memudahkan penggunaan

Selain melindungi produk, fungsi packaging juga memudahkan penggunaan atau pemakaian produk. Dalam hal ini bisa berarti mudah dibuka, mudah mengeluarkan isinya, dan mudah disimpan.

5. Mempromosikan produk

Sudah bukan hal yang mengherankan jika kemasan menarik, aman, serta mudah digunakan akan menambah nilai jual suatu produk. Maka dari itu, kini para penjual bersaing untuk menciptakan packaging yang semakin baik guna meningkatkan penjualan.

Macam-macam packaging

Ada tiga jenis packaging yang umum digunakan perusahaan, yaitu:

1. Packaging primer

Packaging primer atau primary packaging adalah kemasan dari produk itu sendiri. Packaging ini juga dikenal dengan kemasan produk yang dijual satuan. Contohnya snack, pensil, teh botol, makanan kaleng, dan lain-lain.

2. Packaging sekunder

Kemasan yang tidak langsung bersentuhan dengan produk disebut packaging sekunder. Secondary packaging adalah kemasan dari packaging primer. Packaging ini berisi lebih dari satu produk yang sudah memiliki kemasan. Contohnya satu pak bolpoin, selusin lipstick, dan lain sebagainya.

3. Packaging delivery

Delivery packaging artinya kemasan untuk mengirim produk. Kemasan ini berisi beberapa produk yang sudah dikemas dengan baik secara primer atau sekunder. Misalnya satu dus mie instan dan satu krat air botol kemasan.

Apa saja yang harus ada dalam packaging?

Perluasan fungsi packaging menuntut kemasan memiliki beberapa hal untuk memenuhi keinginan konsumen. Lantas, apa saja yang harus ada dalam packaging tersebut? Berikut daftarnya.

1. Merek

Atribut yang wajib ada pada kemasan adalah merek. Tanpa adanya merek, maka konsumen akan sulit mengenali produk tersebut.

2. Gambar

Gambar merupakan atribut yang sering dijumpai pada kemasan produk. Pasalnya, gambar pada packaging dapat menjadi daya tarik visual sehingga mendorong konsumen membelinya.

3. Bentuk packaging

Selain gambar, bentuk packaging juga bisa berpengaruh pada daya tarik visual produk. Adapun kriteria bentuk packaging yang menarik konsumen adalah praktis serta mudah dibawa. Selain itu, bentuk kemasan yang unik dan menunjukkan identitas sebuah brand juga memudahkan konsumen menemukan produk tersebut di antara ribuan produk lain di toko.

Sementara untuk produk yang dijual di swalayan atau supermarket, ada baiknya produsen memperhatikan ukurannya karena perusahaan hanya menyediakan kapasitas beberapa persen saja dari keseluruhan barang yang dijual di tempat itu.

4. Warna kemasan

Hal lain yang akan memikat konsumen untuk membeli produk adalah warna kemasan. Ini dikarenakan warna merupakan hal pertama yang dilihat pengunjung. Selain itu, warna kemasan juga akan memudahkan konsumen untuk mengingatnya. Karenanya, pemilihan warna packaging produk menjadi satu hal penting yang harus dipertimbangkan.

5. Label kemasan

Atribut terakhir dari packaging adalah label. Label berisi informasi mengenai seluk beluk produk, mulai dari manfaat, cara penggunaan, komposisi produk, berat, efek samping jika ada, instruksi penyimpanan, harga, kode barang, dan isi kemasan.

Sebelum membeli, tentunya konsumen memastikan bahwa produk yang mereka cari memiliki manfaat sesuai dengan kebutuhan. Sehingga, tempat terbaik untuk menyampaikan manfaat produk adalah pada label kemasan.

Di sinilah produsen dapat menyampaikan pada konsumen bahwa produk mereka memberikan manfaat yang dicari secara lebih baik dibanding produk lain.

Itulah penjelasan seputar apa itu packaging, fungsi, jenis, hingga perannya dalam strategi pemasaran. Dari sekian banyak strategi marketing, packaging adalah salah satu yang tak boleh Anda lewatkan. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait