You are here:

Overhead Crane – Fungsi, Jenis, Bagian

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Seseorang yang bekerja pada lingkungan industri terkhusus bongkar muat di pelabuhan, perbengkelan maupun pergudangan pasti sudah tidak asing dengan aneka jenis crane. Crane tidak hanya menjadi alat berat yang membantu memindahkan barang dari satu titik ke titik yang lain, namun juga membantu mengefisiensi pekerjaan dan waktu. Ada salah satu jenis crane yang sudah akrab dalam bidang industri yaitu overhead crane atau derek.

Overhead crane terdiri dari sebuah landasan pacu paralel dengan sebuah jembatan yang mencakup reformasi. Oleh karena itu untuk mengenal lebih jauh tentang Overhead crane mulai dari pengertian overhead crane, komponen dan fungsi overhead crane simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Pengertian Overhead Crane

Overhead crane adalah rangkaian hoist crane yang terpasang di bagian atap bangunan untuk mengangkat dan memindahkan beban. Overhead crane juga sering disebut Bridge Crane atau Jembatan Crane. Kebanyakan pemakaian overhead crane dipakai di dalam gedung atau indoor. Namun tidak menutup kemungkinan hoist crane jenis overhead crane dapat digunakan di luar ruangan atau outdoor. 

Jenis Overhead Crane

Pada dunia industri Anda akan mengenal Overhead Traveling Crane. Jenis overhead ini berfungsi sebagai alat angkat maupun alat memindahkan barang pada lingkungan yang terbatas atau di dalam ruangan. Meskipun hanya bisa memindahkan barang dalam lingkungan tidak terlalu luas, Overhead Traveling Crane bekerja efektif karena gerakannya dapat ke kanan – ke kiri dan maju – mundur.

Selain itu, Overhead Traveling Crane juga dapat dibuat single girder maupun double gilder sesuai dengan kebutuhan pada industri Anda. Pemakaian Over Traveling Crane yang banyak digunakan pada dunia industri adalah girder dengan bentuk beam atau kotak. Hal ini karena dinilai lebih praktis dari segi konstruksi. Meskipun dalam perencanaan dan pembuatan Over Traveling Crane tidak memerlukan teknologi yang terlalu tinggi, pada alat pengangkat jenis ini tetap harus diperhatikan faktor keamanan dan keselamatan kerja operator yang menjalankannya.

Bagian Overhead Crane

Bagi Anda yang baru mengetahui tentang hoist crane satu ini, penting untuk mengenali bagian-bagian overhead crane beserta fungsinya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengecek saat terjadi kerusakan kecil ataupun sebagai sarana meminimalisir kecelakaan kerja karena disebabkan ketidak tahuan. Berikut bagian bagian overhead crane dan fungsinya,

Drum

Drum merupakan komponen overhead crane yang berfungsi sebagai alat untuk menggulung tali baja sebagai penggerak daya. Komponen ini dilengkapi dengan alur agar tali baja dapat digulung teratur sehingga keausan baja dapat dikurangi.

Rail (Runway Rail)

Rail adalah bagian overhead crane yang berfungsi sebagai lintasan untuk bergerak. Runway rail berada di samping kanan dan kiri. Komponen ini merupakan tempat untuk roda yang dapat menggerakkan hoist crane maju atau mundur.

Girder

Girder adalah tempat bagi hoist untuk bisa bergerak ke kanan atau ke kiri. Bentuk girder seperti lintasan yang memiliki 2 jenis yaitu single girder atau double girder. Single girder artinya terdiri dari 1 balok sedangkan double girder terdiri dari 2 balok yang dipasang sejajar dengan ruang kosong di tengahnya. Ruang kosong tersebut nantinya akan menjadi tempat hoist crane untuk bergerak.

Hoist

Mesin hoist adalah alat yang berfungsi untuk mengangkat serta menurunkan beban yang ingin dipindahkan. Pada mesin hoist terdapat hook dan tali kawat yang bisa diulur dan digulung sehingga dapat meraih muatan dengan lebih mudah. Hoist dapat bergerak secara horizontal ke arah kanan atau kiri pada girder. 

Artikel Terkait