You are here:

Mobile Crane – Pengertian, Jenis, Cara Kerja

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apabila anda bergelut dalam bidang konstruksi, tentu alat ini tidak menjadi hal yang asing lagi. Mobile crane adalah salah satu alat berat yang memiliki peran penting dalam memudahkan pekerjaan manusia. Artikel berikut akan membantu anda untuk memahami secara komprehensif terkait dengan pengertian dasar, fungsi spesifik, cara kerja serta berbagai macam jenis mobile crane.

Fungsi dan Pengertian Mobile Crane

Mobile crane (derek bergerak) adalah salah satu alat yang berfungsi untuk mengangkat atau menurunkan material dengan beban berat dan memindahkannya secara horizontal. Fungsi mobile crane dapat menjadi pilihan efektif bagi perusahaan konstruksi karena prinsip dasar alat gerak yang dapat memudahkan proses perpindahan material dengan jarak pendek serta juga dapat menjadi komponen pendukung dalam membuat tower crane atau derek jangkung. Jenis derek ini juga dinilai efisien dikarenakan tidak memerlukan terlalu banyak biaya untuk tambahan alat khusus.

Cara Kerja Mobile Crane

Bagian mobile crane dibagi menjadi dua, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Kedua bagian dihubungkan oleh turntable atau lempeng putar yang dapat membuat alat ini bergerak secara vertikal. Tiang utama ditopang oleh bagian lempeng dasar dengan spesifikasi kuat dan berat. Hal tersebut bertujuan untuk membantu menyeimbangkan dengan beban yang diangkat. Di bagian atas tiang derek, terdapat roda gigi dan motor penggerak terletak di unit slewing yang memungkinkan derek untuk berputar. Unit slewing juga terdiri dari jib (derek lengan horisontal) yang menggunakan troli untuk membantu mengangkut beban. Terdapat juga motor penggerak derek terletak di lengan mesin yang lebih pendek. Sistem katrol yang digunakan sebagai prinsip dasar derek bergerak dapat membantu mengangkat beban berat dengan tekanan yang minimal.

Jenis Mobile Crane

Secara umum, mobile crane dapat diklasifikasikan menjadi lima jenis.

Mobile Crane Hydraulic

Derek ini menggunakan sistem internal hidrolik dan memungkinkan untuk mengangkut beban yang lebih berat. Biasanya, jenis derek ini digunakan untuk memindahkan trailer traktor atau peti kemas dengan beban yang berat. Derek ini bekerja dengan memanfaatkan kekuatan yang diberikan cairan di bawah tekanan. Cairan ini biasanya berbentuk oli ringan atau air.

All-terrain Mobile Crane

Jenis mobile crane ini dirancang untuk beroperasi dalam berbagai situasi dan kondisi tempat serta cuaca. Derek jenis ini dapat bergerak dengan mudah melalui permukaan pasir maupun bebatuan sama seperti permukaan aspal dan jalan raya. Jenis ini dapat mengangkat variasi beban dari 40 hingga 1000 ton dan dapat mencapai ketinggian hingga 500 kaki.

Mobile crane Rough-terrain

Jenis derek ini digunakan untuk mengakses dan melakukan pemindahan di area pengangkatan yang terbatas. Jenis ini dapat menjangkau area tanah yang tidak rata dan di medan sulit. Penopang berfungsi sebagai stabilisator pada saat pengangkatan material. Hydraulic boom and hoist yang diterapkan pada alat ini juga memungkinkan untuk mengangkat beban berat ke ketinggian yang luar biasa.

Crawler

Jenis crawler dilengkapi dengan roda rantai pada bagian undercarriage yang berfungsi sebagai stabilisator dan mobilisator. Jenis ini biasanya digunakan untuk kepentingan konstruksi bangunan. Crane ini juga tersedia dalam berbagai kapasitas pengangkatan termasuk konstruksi pondasi bangunan dengan kategori berat.

Carry-deck

Jenis carry-deck adalah derek kecil dengan empat roda dian dilengkapi dengan rotating boom yang mampu berputar 360 derajat. Terdapat pelat geladak datar diatas roda yang ideal digunakan untuk memindahkan material. Jenis ini dapat menjadi opsi utama untuk berbagai macam pekerjaan. Derek ini dilengkapi dengan kontrol hydraulic penuh untuk pengoperasian yang mulus dan akurat.

Produk Lainnya

Artikel Terkait