You are here:

Jenis Mesin AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) dan Proses Produksi

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
jenis mesin amdk

Air menjadi salah satu kebutuhan utama makhluk hidup. Tanpa ada air, mungkin manusia, hewan, dan tumbuhan tidak mampu bertahan hidup. Beragam jenis air yang bisa dikonsumsi saat ini salah satunya yakni Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Sementara itu, untuk menghasilkan air berkualitas, diperlukan adanya mesin AMDK.

Berikut akan dibahas seputar proses produksi air minum dalam kemasan dan berbagai jenis mesin AMDK.

Mengenal mesin AMDK

Mesin Air Minum Dalam Kemasan atau biasa disingkat dengan AMDK adalah salah satu alat yang dibutuhkan dalam berbisnis air minum. Kebutuhan akan air terbilang besar sehingga banyak orang akhirnya tertarik untuk menjadikan ini sebagai peluang bisnis. Terlebih lagi pesaing bisnis air minum dalam kemasan masih terbilang minim.

Jenis mesin untuk AMDK

Untuk menjalankan bisnis air minum dalam kemasan, terdapat dua jenis mesin yang dibutuhkan. Kedua jenis mesin tersebut antara lain:

1. Mesin water treatment

Mesin water treatment adalah mesin yang digunakan untuk pengolahan air. Pada tahap ini, proses produksi air minum dalam kemasan diolah dengan berbagai macam teknik guna menghilangkan kotoran sehingga dihasilkan air minum dalam kemasan yang berkualitas.

Tak hanya teknik pengolahan fisik, melainkan juga dilakukan pengolahan kimia untuk menjernihkan air, dan pengolahan bakteriologis guna memusnahkan adanya bakteri. Jadi, sudah pasti mesin water treatment ini dilengkapi sistem yang aman sehingga air dapat dikonsumsi dan sesuai dengan ketentuan dinas kesehatan.

2. Mesin packaging

Jenis mesin untuk AMDK selanjutnya adalah mesin packaging atau pengemasan. Pada dasarnya pengemasan air minum ini disesuaikan dengan produk yang akan dihasilkan. Bisa berupa gelas, botol, galon, atau ketiganya. Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih jenis packaging yaitu Anda harus memperhatikan kualitasnya.

Cara pengoperasian mesin packaging berbeda-beda. Jadi, perusahaan dapat memilih mesin yang sekiranya cocok dan memudahkan untuk digunakan.

3. Cup sealer otomatis

Cup sealer otomatis adalah jenis mesin AMDK gelas yang biasa digunakan. Jenis kemasan ini merupakan jenis kemasan yang lebih berpotensi dijual di pasaran jika dibanding dengan jenis packaging lainnya.

Namun, cup sealer otomatis tidak hanya digunakan untuk air mineral saja, tapi juga berbagai jenis air kemasan lain. Seperti teh, kopi, minuman berenergi, atau minuman elektrolit. Adapun kapasitas mesin ini beragam. Anda dapat memilih jenis dan tipe mesin sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Umumnya, kapasitas cup sealer otomatis dibagi menjadi 2, 4, 6, 8, hingga 16 line. Sebagai gambaran, mesin dengan 2 line akan menghasilkan 1500 gelas setiap jamnya.

4. Washing, filling, dan capping machine

Washing, filling, dan capping machine merupakan jenis mesin AMDK yang menggunakan kemasan botol. Kemasan tersebut memiliki ukuran bervariasi, seperti 260, 330, 600, hingga 1500 ml. Mesin AMDK ini berfungsi memasukkan cairan ke dalam botol dan memastikan agar tidak terjadi kelebihan muatan, rusak, ataupun tumpah.

5. Label botol

Sesuai namanya, mesin label botol digunakan untuk mengemas cairan dalam kemasan botol saja. Mesin ini akan menempelkan cap sebuah industri atau perusahaan pada kemasan botol dan membedakan jenis cairan atau minuman yang sedang dikemas.

Jenis mesin berikut biasanya digunakan oleh industri yang memproduksi minuman secara besar-besaran dan sangat jarang digunakan industri kecil. Pasalnya, harga mesin air minum dalam kemasan ini tergolong mahal dan minimal produksinya harus mencapai 70 botol per hari.

6. Mixing powder

Jenis mesin untuk AMDK selanjutnya yakni mixing powder. Biasanya mesin ini digunakan oleh perusahaan yang memproduksi banyak minuman dengan varian jenis atau rasa.

Harga mesin AMDK

Sebenarnya, jika ditanya tentang berapa harga mesin AMDK, hal tersebut tergantung dari beberapa faktor. Faktor tersebut meliputi:

  • Teknologi yang dipakai
  • Jumlah atau kapasitas air yang dihasilkan
  • Kualitas AMDK
  • Keefektifan penggunaan mesin
  • Kecepatan pembuatan AMDK

Dari beberapa faktor tersebut tentu akan membedakan harga mesin AMDK. Namun, jika Anda ingin mengetahui estimasinya, harga mesin AMDK 2 line biasanya berkisar mulai dari Rp70 juta.

Itulah ulasan tentang mesin AMDK yang perlu Anda ketahui. Dengan memiliki mesin AMDK bisa menjadi langkah awal bagi Anda yang ingin berbisnis air minum. Jika Anda membutuhkan alat atau mesin lain untuk membuka bisnis, Anda dapat mempercayakan pada PT Wira Griya. Cek koleksinya di katalog kami.

Artikel Terkait