You are here:

Mengenal Lift Barang, dari Pengertian Hingga Jenisnya

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
lift barang

Ketika mendengar kata lift tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Alat ini sangat berguna untuk memindahkan barang atau manusia dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya. Kebanyakan orang hanya mengetahui lift yang sering digunakan pada pusat perbelanjaan. Nyatanya, ada berbagai jenis lift dengan kegunaannya masing-masing sebagai contohnya cargo lift. Mari simak ulasan lebih lanjut mengenai sejarah lift barang hingga jenis-jenisnya.

Jenis – Jenis Lift

Tak hanya lift untuk mengangkut manusia, lift juga memiliki berbagai jenis lainnya. Jika dilihat dari fungsi atau kegunaannya alat ini dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis lainnya, yaitu :

  1. Lift Penumpang

    Lift jenis ini adalah lift yang sangat dikenal dan sering dijumpai pada pusat perbelanjaan ataupun hotel. Lift penumpang merupakan turunan dari service lift dan observation lift. Untuk service lift sendiri biasa digunakan untuk karyawan gedung yang membawa barang-barang kecil. Sedangkan observation lift merupakan lift yang didominasi dengan kaca, sehingga memungkinkan penumpang untuk melihat pemandangan di luar.

  2. Lift Barang

    Pada gedung bertingkat atau perkantoran umumnya menggunakan lift barang, untuk mempermudahkan memindahkan suatu barang dengan jumlah yang banyak dan berat. Kriteria untuk cargo lift dilihat dari ukuran serta berat barang yang dapat diangkutnya.

  3. Lift Pasien

    Lift ini pastinya digunakan di rumah sakit dan biasanya digunakan untuk memindahkan tempat tidur pasien. Ukuran lift ini disesuaikan dengan panjang tempat tidur pasien. Sebenarnya lift ini merupakan bagian dari lift penumpang, karena didalamnya juga dapat diisi oleh manusia.

Penjelasan Mengenai Lift Barang

Setelah mengetahui bagaimana sejarah ditemukannya lift beserta apa saja jenis lift yang ada di dunia. Kali ini akan dibahas penjelasan lebih lengkap mengenai cargo lift atau yang biasa disebut sebagai lift barang. Alat ini menjadi solusi yang pas, digunakan sebagai alat pemindah material atau barang antara lantai secara vertikal. Sangat cocok digunakan pada gedung-gedung, ruko ataupun pabrik.

Lift jenis ini sebenarnya memiliki kondisi fisik atau bentuk yang tak jauh beda dengan lift penumpang pada umumnya. Biasanya cargo lift juga berada di pusat perbelanjaan, yang mana digunakan untuk mengakomodasi barang-barang dagangan milik tokonya. Sedangkan cargo lift yang ada di pabrik dipergunakan untuk memindahkan barang-barang berat.

Umumnya memiliki bentuk seperti sangkar dan terbuat dari besi. Ukuran cargo lift sendiri sangat berbeda dengan lift-lift lainnya, dikarenakan untuk mengangkut barang berat dalam jumlah yang banyak. Biasanya lift ini dipasang di area indoor dan dapat juga dipasang outdoor, tergantung dengan kebutuhan gudang. Penggunaan alat ini sangat mudah dan tentunya aman.

Pada komponennya telah dilengkapi sebuah tempat kontrol otomatis yang berada di setiap lantai. Untuk segi keamanannya sendiri juga sangat aman dan terjaga, dikarenakan telah dilengkapi sebuah safety device atau safety look. Perlu diketahui bahwa cargo lift dapat mengangkut barang dengan kisaran berat mulai dari 500 kg hingga 5 ton. Kapasitas tersebut tergantung dari kebutuhan dan bila membutuhkan kapasitas yang besar maka harganya juga semakin mahal.

Dalam penggunaannya, cargo lift juga memiliki perawatan yang sangat sederhana. Anda tidak boleh menggunakan lift ini untuk mengangkut barang dengan kapasitas yang berlebihan. Selain itu, pakai lift dengan waktu yang tidak berlebihan juga. Hal ini dimaksudkan agar cargo lift dapat awet dan terjaga.

Spesifikasi dan Tipe Lift Barang

Lift barang memiliki tipe dan spesifikasi yang berguna untuk menyesuaikan kebutuhan yang diperlukan pengguna untuk di berbagai bidang dan kondisi. Berikut beberapa spesifikasi yang ada di cargo lift, yakni :

  1. Dumbwaiters

    Dumbwaiter merupakan jenis dari cargo lift kecil. Kapasitasnya dari lift ini mulai dari 50 kg sampai dengan 200 kg. Biasanya berada di rumah sakit yang mana berguna untuk mengangkut alat medis, sampah medis, bahkan pakaian medis. Umumnya kabin lift ini tertutup rapat dan berbahan stainless karena mengutamakan kebersihan.

  2. Lift Barang Sederhana

    Lift jenis ini banyak digunakan pada lingkungan kerja rumahan, industri menengah bahkan UMKM. Memiliki kapasitas sekitar 100 kg hingga 500 kg. Pada umumnya, kabin berbentuk simple dan terkadang tidak memerlukan pintu. Meskipun sederhana, tetapi lift jenis ini juga masih mengutamakan keamanan.

  3. Lift Barang Kapasitas 1 – 2 Ton

    Untuk jenis ini membutuhkan kabin dengan ukuran yang lumayan besar. Umumnya, ukuran kabin sekitar 1 m2 serta desainnya perlu diperhatikan. Dengan kapasitas yang besar perlu perangkat keamanan yang sangat aman dan kokoh. Tak hanya itu, untuk struktur penyangga dan jalan relnya juga harus sangat diperhatikan karena menyangkut keamanan dan kenyamanan bersama.

  4. Lift Barang Kapasitas 2 – 3 Ton

    Biasanya barang yang diangkut oleh lift jenis ini berupa material cair, mobil, logam atau barang berat lainnya. Lift ini menggunakan hidrolis sebagai mesin yang menggerakkan. Dengan kapasitas yang besar, sangat disarankan untuk tidak menggunakan rantai sebagai pendamping mesin penggerak.

  5. Lift Barang Proyek

    Pada area proyek, cargo lift yang biasanya digunakan terdapat dua jenis yakni mobile dan standby. Untuk tipe standby memiliki bentuk yang hampir mirip dengan lift barang kapasitas 1 ton – 3 ton. Sedangkan, tipe mobile atau yang dapat dipindahkan dengan mudah menggunakan mesin diesel. Mesin inilah yang membuat lift mobile dapat berpindah atau dipindahkan dengan mudah.

Komponen Dari Lift Barang

Pada cargo lift ini, memiliki komponen-komponen pokok yang menunjang kinerja dari alat pengangkut atau pemindah barang. Setiap item atau komponen yang ada memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Mulai dari kabin muatan yang berfungsi sebagai penampung atau tempat muatan yang akan dipindahkan. Memiliki bentuk yang bermacam-macam dan pastinya ukuran disesuaikan dengan kebutuhan.

Komponen selanjutnya, rel kabin menjadi pengarah dan pengunci agar suatu kabin muatan tidak bergoyang dan tetap berada di jalannya. Mesin penggerak yang ada di cargo lift berperan menjadi pusat tenaga, agar kabin muatan dapat bergerak naik dan turun. Pada lift ini menggunakan tali baja, tali ini terkenal dengan kelebihannya yaitu lebih kuat dan elastis.

Penggunaan tali ini lebih direkomendasikan daripada penggunaan rantai. Untuk tali ini ada indikasi khusus apabila ketika mendekati putus. Tentunya hal tersebut tidak bisa didapatkan dari penggunaan rantai. Komponen yang terakhir yakni kontrol panel, bagian ini berguna untuk mengatur apakah lift harus bergerak atau pun berhenti.

Manfaat Adanya Lift Barang

Dalam penggunaan cargo lift tentunya memiliki manfaat dan keuntungannya, antara lain :

  1. Adanya lift barang dapat menghemat waktu dalam memindahkan barang menjadi lebih cepat.
  2. Lebih menghemat tenaga yang dikeluarkan oleh para pekerjanya.
  3. Produktivitas akan meningkat seiring dengan penghematan tenaga dan waktu dalam bekerja.
  4. Barang yang akan dipindahkan ke lantai atau tempat lain, dipastikan akan tetap aman kondisinya. Hal tersebut dikarenakan barangnya terhindar dari benturan dengan benda lain.

Itulah pembahasan mengenai lift barang mulai dari sejarah singkatnya hingga manfaat dengan adanya penggunaan alat ini. Alat ini sangat membantu pekerjaan manusia dalam urusan pemindahan barang yang berat dan dalam jumlah yang banyak. Pastikan pilih lift yang sesuai dengan kapasitas kebutuhan usaha Anda. Semoga wawasan ini dapat membantu Anda dalam memahami kegunaan dan macam-macam cargo lift.

Artikel Terkait