You are here:

12+ Jenis Mesin Packing beserta Fungsi dan Pengertian

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Sachet TC Kanan

Saat membeli suatu produk makanan maupun minuman, tentunya hal pertama yang Anda perhatikan adalah bagian kemasannya. Packing atau kemasan pada sebuah produk memanglah harus terlihat indah dan menarik untuk dibeli. Hal tersebut dimaksudkan agar para konsumen tertarik untuk membeli produk yang telah dipasarkan. Tentunya membuat para pemilik usaha harus pintar-pintar dalam memilih mesin pengemas untuk kemasan produknya. 

Sebenarnya sejak dulu kala telah ada sebuah kemasan, hanya saja memiliki bentuk yang sangat sederhana. Seiring dengan kemajuan zaman dan berkembangnya teknologi saat ini, tentunya kian maju juga berbagai jenis mesin kemasan yang ada. Tentunya para pemilik bisnis di bidang produksi sudah tidak asing dengan yang namanya mesin industri terlebih menyangkut hal pengemasan. Mari simak penjelasan lebih lanjut mengenai mesin packing mulai dari definisi hingga kegunaannya. 

Definisi Mesin Packing 

Mesin pengemas atau yang biasa disebut dengan mesin packing, merupakan salah satu mesin yang sering dan banyak ditemui pada tempat-tempat produksi usaha. Alat ini sangat berguna untuk menjaga dan melindungi sebuah produk entah makanan atau barang apapun. Segala sesuatu produk yang ada di dunia pastinya perlu dijaga kondisi barang atau produknya. 

Sebenarnya, di lingkungan sekitar Anda telah disediakan material kemasan yang baik. Seperti daun-daunan, pelepah jagung dan masih banyak lainnya. Tetapi kemasan ini dinilai kurang efektif dan efisien bila digunakan untuk menjaga kondisi suatu produk dalam periode waktu tertentu. 

Manfaat dan Fungsi Mesin Packing

Dengan penggunaan mesin pengemas, dapat berguna untuk melindungi suatu produk dari kerusakan-kerusakan yang dapat diakibatkan oleh cuaca ataupun pergesekan dengan dunia luar. Selain berguna untuk menjaga sebuah produk yang berada di dalam, kemasan juga dapat menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Dengan begitu membuat produk siap untuk dipasarkan. Berikut manfaat dan fungsi dengan adanya mesin packing, antara lain :

  1. Dapat meningkatkan penjualan, dengan kemasan yang bagus, unik dan menarik membuat konsumen lebih tertarik dan berkeinginan untuk membeli produknya.
  2. Menjadikan identitas sebuah produk.
  3. Membuat sebuah produk menjadi lebih aman dan awet.
  4. Dapat menampung seluruh produk yang akan dipasarkan, supaya tidak berantakan. 
  5. Apabila Anda menggunakan mesin packing plastik, ada sebuah tombol emergency yang mana berguna apabila terjadi sebuah konslet listrik. Selain itu bahannya yang terbuat dari stainless, sehingga tidak mudah membuat alat ini mengalami perkaratan. 

Jenis – Jenis Mesin Packing dan Kegunaannya

Dalam masalah pengemasan, tentunya harus menggunakan atau memakai mesin pengemas yang sesuai. Entah itu mesin packing plastik atau bahkan mesin packing kardus. Tentunya alat ini, memiliki berbagai macam jenis dengan kegunaannya yang berbeda pada setiap jenisnya. Berikut akan dijelaskan mengenai berbagai jenis alat pengemas yang ada di dalam industri rumahan hingga pabrikan, diantaranya :

1. Foot Sealer dan Hand Sealer

Untuk jenis yang pertama yaitu foot sealer dan hand sealer. Penggunaan kedua alat ini memiliki banyak kesamaan, hanya saja berbeda dengan metode pengoperasiannya. Hand sealer memiliki bentuk yang tergolong lebih kecil dalam dunia pengemasan. 

Bedanya dengan foot sealer adalah ia memiliki dimensi dengan tinggi kurang lebih 60 cm. Biasanya digunakan untuk mesin packing plastik seperti mengemas jajan, snack atau bahkan obat-obatan. 

2. Mesin Pencetak Kode

Alat ini berguna untuk mencetak atau membuat sebuah kode produksi, kadaluarsa atau bahkan kode-kode lainnya. Hal ini berfungsi sebagai makanisme properti dalam kemasan.  

3. Alat Strapping

Strapping merupakan mesin yang menggunakan pita plastik sebagai bahan pembungkusnya. Umumnya berada pada pengepakan seperti bidang medis, publikasi, logistik, pos atau bahkan perbankan.

4. Mesin Vakum

Mesin packing plastik ini sangat berguna dalam perlindungan makanan serta kualitas yang disajikan. Alat ini umumnya menyedot udara yang seandainya ada di dalam plastik kemasan. Kemudian mesin ini langsung menutup atau menyegel agar kemasan dapat kedap udara.

5. Carton Sealer

Untuk mesin packing kardus ini, sesuai dengan namanya digunakan untuk mengemas barang-barang produksi. Sebagai contoh seperti peralatan, bahan makanan atau bahkan bahan minuman yang berada di dalam box kardus. 

6. Mesin Shrink

Kegunaan mesin ini hampir sama dengan carton sealer. Bedanya alat atau mesin ini setelah menyegel atau menutup box yang berisi sebuah produk, kemudian langsung membungkusnya dengan material plastik. 

7. Mesin Seal Cut

Berbeda dengan mesin pengemas lainnya, alat ini telah dilengkapi berusa alat pemotong. Yang mana berguna apabila hasil pengemasan tidak maksimal dan biasanya digunakan pada pengemasan buku ataupun kertas. 

8. Cup Sealer

Sesuai dengan namanya, sudah jelas apabila mesin pengemas ini berguna untuk memberikan tutup pada gelas cup dengan menggunakan metode sealer atau segel rekat. Umumnya alat ini banyak digunakan oleh mereka para penjual minuman. 

9. Mesin Induksi

Pada umumnya, alat ini digunakan untuk mengemas bahan penutup berupa alumunium. Sebagai contohnya digunakan pada tutup botol minuman kesehatan, botol susu dan masih banyak lainnya.

10. Mesin Tutup Botol

Bekerja sebagai alat penutup botol, mesin ini sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk seluruh kemasan botol. Sebagai contohnya, botol bir atau whiski, botol minuman berenergi, botol obat, botol air mineral dan masih banyak botol jenis lainnya.

11. Horizontal dan Vertical Packaging

Biasanya horizontal packaging ini digunakan pada industri-industri besar ketika akan mengemas produknya. Mesin ini umumnya mengemas berbagai makanan instan, jajanan bahkan tissue dan masih banyak lainnya. Sedangkan, untuk vertical packaging dapat dijadikan mesin dalam home industry. Alat ini mampu mengemas dengan kecepatan 25 sampai 100 per menit.

12. Pallet Wrapper

Mesin palet satu ini adalah salah satu mesin yang berguna untuk membungkus pallet wrapping. Umumnya alat ini membungkus menggunakan metode stretch plastik. Mesin packing plastik ini dapat melindungi produk dengan sangat aman. 

13. Mesin Packing Stick

Bila Anda mengetahui bentuk kopi kemasan dengan bentuk memanjang, maka kemasan tersebut menggunakan mesin packing plastik stick. Dengan model yang sangat praktis, tentunya membuat para konsumen tertarik untuk membelinya. Kemasan ini juga memiliki kelebihan berupa eco-friendly, karena menggunakan bahan yang lebih sedikit.

Itulah pembahasan mengenai mesin packing yang ada di dunia industri saat ini. Kini alat ini, telah hadir dengan berbagai macam dan pastinya memiliki fungsi kegunaannya masing-masing. Dengan adanya mesin ini tentunya, memberikan kemudahan bagi para pemilik usaha. Berguna untuk melindungi sebuah produk dari hal-hal yang berpotensi merusak kualitas produk tersebut. 

Artikel Terkait