You are here:

Galangan Kapal – Definisi, Jenis, Metode, dan Industrinya

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
galangan-kapal

Dalam dunia kelautan atau Anda seorang pekerja yang berhubungan langsung dengan kapal, tentunya sudah tidak asing lagi dengan sebuah istilah galangan kapal. Dalam istilah galangan kapal adalah sebutan lain untuk kata dok atau shipyard. Untuk dok atau industri galangan kapal itu sendiri umumnya telah berada di beberapa negara. Mulai dari Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, dan tak ketinggalan yakni Indonesia.

Industri galangan kapal yang ada di dalam negeri ini, ternilai mempunyai sebuah daya saing yang terbilang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan industri satu ini mampu menghasilkan sebuah produk yang berkualitas. Secara umum, galangan kapal adalah tempat yang berguna memproduksi atau bahkan memperbaiki kapal. Anda penasaran lebih dalam seputar shipyard? Simak pembahasan, disini!

Pengertian Galangan Kapal 

Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya untuk mengetahui mengenai apa itu industri galangan kapal? Galangan kapal adalah suatu tempat atau lokasi kerja yang telah dirancang dan ditujukan untuk sebuah kapal. Untuk fungsi lebih jelas dari galangan kapal adalah sebagai tempat untuk membuat, merawat, dan memperbaiki kapal. 

Dalam lokasi ini yang dibuat khusus untuk kapal, telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas atau peralatan pendukung yang mampu menunjang kinerjanya menjadi jauh lebih baik. Yang mana juga berguna untuk memproduksi sebuah kapal dengan kualitas yang sangat baik.

Bahkan tak jarang, dalam tempat ini juga dijadikan sebagai lokasi untuk menghancurkan kapal. Hal ini dikarenakan sebuah kapal yang akan dipasarkan atau digunakan, akan dilakukan sebuah uji tes kelayakan terlebih dahulu. Namun, tak semua shipyard menyediakan fasilitas ini. Kebanyakan berlaku dalam shipyard kering dan keberadaannya ada di kawasan Asia Selatan.

Tak hanya menawarkan pelayanan yang sangat lengkap menyangkut kebutuhan dalam kapal. Industri galangan kapal ini juga menawarkan sebuah aktivitas yang mampu menambah pengalaman dan kebutuhan Anda. Mulai dari dok kering, gudang bebas debu, bahkan hingga crane. 

Sedangkan fasilitas lainnya yang dapat Anda rasakan. Bila menggunakan dan memanfaatkan industri galangan kapal adalah slipway, pengecatan kapal, hingga fabrikasi. Dan tak jarang tempat ini juga menawarkan pelayanan berupa perancangan desain, pemasangan plat, instalasi peralatan, dan uji kelayakan serta klasifikasi. 

Untuk hasil produksi kapal yang dihasilkan dari industri galangan kapal adalah kapal pesiar atau yacht, cruise line, armada militer, kapal barang atau penumpang, atau hingga sebuah kapal wisata. Hasil dari produk industri ini sudah terkenal dengan keunggulan dan kualitasnya. 

Namun, dimana sajakah lokasi industri satu ini? Industri galangan kapal adalah sebuah industri atau suatu negara yang memiliki kemampuan dan mampu membangun kapal dalam kapasitas yang besar. Umumnya berada di Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, dan Indonesia. 

Pada industri pembuatan kapal di daerah Eropa, kebanyakan lebih dipecah dibandingkan dengan perusahaan di kawasan Asia. Tak heran bila di Eropa lebih banyak perusahaan kecil dengan tempatnya yang terpisah-pisah. Bahkan lebih banyak dimiliki oleh pengusaha kecil. Sangat berbeda dengan industri di Asia, yang mana jauh lebih terintegrasi. 

Jenis Galangan Kapal

Seperti yang telah diketahui, fungsi dari industri galangan kapal adalah merancang, membuat, merawat, dan memperbaiki. Serta tak jarang juga digunakan untuk memasang fasilitas di dalamnya, pengecatan, dan jika sudah tidak layak dipakai maka akan dilakukan sebuah penghancuran. 

Bahkan tak jarang, sebuah industri pembuat kapal ini hanya fokus pada beberapa fungsinya. Ada yang untuk pembuatan saja, perbaikan saja, atau bahkan mengambil tugas keduanya. Inilah jenis dari shipyard atau dok, diantaranya :

1. Building Dock Shipyard

Untuk jenis yang pertama adalah building dock shipyard. Yang mana berarti bahwa galangan ini hanya berfungsi untuk pembuatan kapal saja. Tak jarang banyak orang yang memanfaatkan tempat ini menciptakan dan memesan sebuah kapal baru. 

Di kawasan ini, pembuatan sebuah kapal baru benar-benar dimulai dari awal sampai pada tahapan akhir. Bahkan di kawasan ini juga dilakukan beberapa tes fungsi pada kapal. 

Aktivitas yang dilakukan dalam industri ini meliputi sebuah perancangan desain kapal, pemasangan instalasi peralatan pendukung, pemasangan gading, pemasangan plat lambung, hingga melakukan pengecekan pada quality controlnya

2. Repair Dock Shipyard

Jenis galangan selanjutnya adalah repair dock shipyard. Yang mana hanya berfokus untuk melakukan sebuah pekerjaan seputar perbaikan kapal dan pemeliharaannya. Kawasan ini lebih berfokus untuk meningkatkan kualitas dan performa kapal. 

Dalam pekerjaannya sendiri meliputi pemeriksaan pada konstruksi lambung kapal, pengecekan pada mesin utama, melakukan perbaikan pada sistem propulsi kapal, dan masih banyak lainnya yang menyangkut perawatan dan perbaikan. 

3. Building and Repair Dock Shipyard

Dan yang terakhir adalah penggabungan dari kedua jenis galangan, yakni building and repair dock shipyard. Tentunya kawasan ini berguna untuk menciptakan atau membuat kapal-kapal baru dan melakukan perawatan serta pemeliharaan bagi kapal lama. Yang sudah tentu ditujukan untuk menjaga kualitas produk kapalnya. 

Metode Pada Proses Galangan Kapal

Industri galangan kapal adalah salah satu proses produksi di Indonesia yang mana mampu memberikan investasi yang lebih. Dalam negara ini sendiri umumnya, menggunakan beberapa metode. 

Yang mana beberapa metode ini ditujukan untuk mempermudah dan membantu proses peluncuran kapal baru. Atau bahkan metode ini juga dipergunakan pada proses pengangkatan atau penaikan kapal dari perairan ke sebuah daratan. Inilah metode dalam shipyard, antara lain :

1. Floating Dock

Metode pertama yang banyak dipergunakan adalah floating dock. Lebih dikenal dengan sebutan dok apung, metode ini adalah sebuah bangunan seperti ponton yang telah dilengkapi dengan sebuah katup pengangkat. Bahkan pada bangunan ini ada sebuah alat reparasi. Yang digunakan untuk menenggelamkan ataupun mengapungkan secara vertikal.

2. Graving Dock

Selanjutnya ada graving dock, yang lebih dikenal dengan sebutan dok gali atau kolam. Dok ini dibangun dengan bentuknya yang menyerupai kolam di sebuah tepian laut atau perairan. Memiliki dinding yang sangat kuat dan kokoh, berguna untuk menahan segala tekanan yang sangat kuat dari area perairan. 

Saat dok ini kemasukan kapal, maka berat beban dan air yang ada akan menekan dinding dan lantainya. Untuk pintunya sendiri berbentuk seperti tongkang yang terbuat dari baja, sehingga dapat dipindahkan secara mudah. Bahkan dalam penggunaannya dioperasikan dengan crane. 

3. Slipway Dock

Dan yang terakhir adalah slipway dock atau dok tarik. Sesuai dengan namanya, dalam pengoperasian memerlukan sebuah tali baja, mesin derek, dan rel yang juga menjorok ke dalam laut. Hal ini digunakan untuk menarik kapal yang berada di permukaan air untuk naik di daratan dengan mudah. Dan tak lupa membutuhkan sebuah kantung udara atau airbag. 

Fasilitas Industri Galangan Kapal

Dalam sebuah industri galangan ini perlu menyediakan peralatan dan fasilitas yang berguna untuk memungkinkan seluruh penanganan material bahkan proses pembangunan kapal baru. Industri ini juga harus memiliki personil yang memiliki kualifikasi pada bidangnya. 

Untuk fasilitasnya sendiri, mulai dari kantor. Pada bagian ini menjadi pusat proses administrasi dalam kebutuhan galangan, mengatur segala budget yang ada, dan segala sesuatu kegiatan yang berhubungan dengan manajemen. 

Kemudian ada tempat perancangan, yang mana dipergunakan untuk menghitung seluruh pengeluaran, harga, material yang diperlukan dan dibutuhkan dalam fabrikasi. Tentunya, ada beberapa bengkel yang telah disediakan. Mulai dari bengkel plat, bengkel pipa, bengkel mesin, dan bengkel listrik. Bengkel tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. 

Tak ketinggalan ada gudang untuk menyimpan sebuah material dan peralatannya. Dan yang terakhir adalah tempat untuk pembangunan kapal. Pada tempat inilah pembangunan kapal dibuat dan dimulai. Serta ada tempat khusus untuk pemeliharaan dan perbaikan sebuah kapal baru maupun lama. 

Inilah pembahasan lengkap seputar dok atau shipyard. Industri ini memberikan pengaruh yang sedikit banyak berpengaruh dalam berbagai negara. Bahkan tak heran bila, industri ini telah tersebar di berbagai negara berkembang. Tentunya, dengan adanya galangan ini memberikan kemudahan bagi seluruh pemilik kapal untuk memelihara dan memeriksanya secara rutin. 

Artikel Terkait