Deprecated: Berkas Tema tanpa header.php tidak digunakan lagi sejak versi 3.0.0 dan tidak tersedia penggantinya. Harap sertakan templat header.php dalam tema Anda. in /home/wiracoid/public_html/wp-includes/functions.php on line 5653
Daftar Harga Besi H Beam Lengkap Semua Ukuran [Terbaru 2021]

Daftar Harga Besi H Beam Lengkap Semua Ukuran [Terbaru 2021]

Share

besi h beam

Besi H Beam adalah jenis besi paling populer dan banyak digunakan dalam konstruksi bangunan. Meski berbentuk lempengan, besi ini terkenal dengan sifatnya sebagai baja yang kokoh dan kuat, serta memiliki fungsi penting untuk pendirian pondasi.

Besi ini umumnya digunakan untuk pembangunan gedung besar atau jembatan. Namun tak jarang pula rumah-rumah bergaya industrial memanfaatkannya untuk tujuan estetika. Jika berminat membeli, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tipe serta harga besi H Beam dalam ulasan berikut ini.

Apa itu Besi H Beam?

Besi tipe H Beam disebut juga dengan hot rolled, yaitu salah satu balok baja yang diproduksi menggunakan cenai panas lalu di pelat kemudian di las. Jenis besi ini sering difungsikan sebagai pondasi bangunan. Dinamakan H Beam karena bentuknya panjang dan menyerupai huruf H.

Perbedaan Besi WF dan H Beam

Besi WF adalah jenis baja yang memiliki daya tekan sekaligus daya tarik tinggi. Besi ini juga memiliki berat ideal dan ringan serta kepadatan yang tinggi. Tak heran, jika besi WF mampu meningkatkan efisiensi konstruksi bangunan menjadi lebih baik.

Besi WF dan H Beam sering dikaitkan karena memiliki bentuk yang hampir sama. Selain itu, Besi WF juga sering dipasangkan dengan H Beam. Meski begitu, ternyata keduanya cukup berbeda dari beberapa komponen. Adapun perbedaan besi WF dan H Beam adalah sebagai berikut.

Dimensi

Dimensi baja H Beam lebih lebar dan memiliki ukuran kuping yang sama. Sementara, besi WF mempunyai ciri khas kuping lebih lebar daripada H Beam. jika digambarkan, dimensi ukuran besi WF adalah 200mm x 100 mm. Sedangkan, ukuran H Beam dalah 100 mm x 100 mm.

Sistem Konstruksi

Besi WF dikenal memiliki sistem konstruksi lebih rumit. Namun, justru hal ini membuatnya aman dari gaya beban yang bisa saja terjadi saat pembangunan fondasi, seperti gaya beban horizontal dan vertikal. Selain itu, jenis baja WF juga tahan terhadap segala suhu dan tekanan.

Popularitas

Perbedaan besi WF dan H Beam selanjutnya bisa dilihat pada popularitas berdasarkan jumlah pemesanannya. Jika dibandingkan dengan WF, H Beam belum terlalu diminati di pasaran. Sedangkan, besi WF sudah ramai dipesan di toko bangunan serta menjadi primadona masyarakat untuk digunakan dalam pembangunan.

Kegunaan Besi H Beam Pada Konstruksi

 

Dalam dunia konstruksi, besi tipe H Beam memiliki banyak kegunaan. Dikenal dengan sifatnya yang kuat serta keunggulan lain. Berikut beberapa kegunaannya.

1. Memperkuat Pondasi Bangunan

Besi tipe ini memiliki kekuatan unggul sebagai dasar pondasi bangunan. Mengapa begitu? Hal ini dipengaruhi oleh ukurannya yang lebih besar dibanding dengan jenis besi lainnya.

Tidak hanya itu, besi jenis ini tidak mudah patah, sehingga tidak perlu khawatir akan adanya keruntuhan dalam proses pembangunan pondasi. Oleh karenanya, besi type ini juga sering digunakan untuk pembuatan jembatan-jembatan besar di jalur kendaraan umum.

2. Menopang Konstruksi Berat

Mengingat ukurannya yang cukup besar, baja ini mampu menopang konstruksi berat. Pasalnya, baja ini terbuat dari material yang sangat vital, sehingga tak heran jika dapat menopang volume bangunan dengan ukuran besar dan berat.

Meski sering digunakan pada konstruksi-konstruksi besar seperti gedung kantor atau apartemen. Namun besi jenis ini dapat digunakan sebagai pondasi untuk bangunan biasa seperti rumah,ruko, toko dan sejenisnya.

3. Mempercepat Proses Kerja Proyek

Manfaat selanjutnya adalah dapat mempercepat alur kerja proyek. Hal ini dikarenakan ukurannya relatif lebih besar, sehingga dalam proses pengerjaannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Berbeda jika menggunakan besi kecil jenis lain.

4. Membuat Bangunan Tahan Lama

Besi tipe ini juga mampu membuat umur bangunan lebih lama hingga puluhan tahun. Dalam artian, bangunan tidak mudah rusak atau roboh karena kekuatan yang dimiliki. Tak heran bila harga besi type ini juga lebih mahal namun dengan kualitas terjamin.

5. Menyeimbangkan Pengerjaan Bangunan

Selain sebagai pondasi bangunan, fungsinya adalah untuk menyeimbangkan pembentukan bangunan. Pasalnya, besi tipe ini memiliki struktur yang mirip dengan huruf H, serta sisi kiri dan kanannya sama. Sehingga hasil bangunan terlihat lebih proporsional.

Tabel Berat

Berikut beberapa variasi ukuran dan berat yang ada di pasaran saat ini.

Ukuran H Beam Per 6 Meter

Berat

100 x 100 x 6 x 8 mm x 6 m

103 kg

150 x 150 x 7 x 10 mm x 6 m

189 kg

125 x 125 x 6 x 9 mm x 6 m

143 kg

200 x 200 x 8 x 12 mm x 6 m

299 kg

250 x 250 x 9 x 14 mm x 6 m

434 kg

Tabel Harga

Berikut tabel kisaran harga besi H Beam di pasaran saat ini.

Ukuran H Beam Per 6 Meter

Harga Besi H Beam (Batang)

100 x 100 x 6 x 8 mm x 6 m

Rp1,2 Juta – Rp1,4 Juta

150 x 150 x 7 x 10 mm x 6 m

Rp2 Juta

125 x 125 x 6 x 9 mm x 6 m

Rp2,5 Juta

200 x 200 x 8 x 12 mm x 6 m

Rp2,6 Juta – Rp3,9 Juta

250 x 250 x 9 x 14 mm x 6 m

Rp5,5 Juta

Itulah penjelasan mengenai pengertian, fungsi, ukuran serta harga besi H Beam. Meski tersedia dalam berbagai jenis, Anda bisa memilih besi paling cocok dengan kebutuhan dan selera. Besi ini juga sering digunakan untuk keperluan pembangunan industri pabrik.

Nah, selain kebutuhan konstruksi pabrik, sekiranya Anda memerlukan mesin pabrik terbaik, Anda bisa mempercayakan pada PT. Wira Griya dalam memenuhi kebutuhan alat dan mesin yang berkualitas tinggi.  Cek koleksinya di katalog kami sekarang juga.

Artikel Terkait


Deprecated: Berkas Tema tanpa footer.php tidak digunakan lagi sejak versi 3.0.0 dan tidak tersedia penggantinya. Harap sertakan templat footer.php dalam tema Anda. in /home/wiracoid/public_html/wp-includes/functions.php on line 5653