You are here:

Aluminium Composite Panel – Pengertian, Cara Pemasangan dan Ukuran

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
aluminium composite panel

Aluminium Composite Panel atau biasa disingkat ACP adalah material bangunan yang berupa panel datar yang terbuat dari kombinasi antara plat aluminium dan bahan komposit. Adapun bahan komposit yang digunakan adalah material polyethylene. Kedua sisi dari panel ini dilapisi oleh bahan plat aluminium. 

Panel datar ini mampu menambah kesan modern dan berkelas pada tampilan bangunan. Oleh karena itu, gedung komersial, seperti kantor, pusat perbelanjaan, dan hotel, seringkali memanfaatkan material ini pada bagian eksterior dan juga interior bangunan. Masyarakat yang ingin membangun rumah pada masa kini pun mulai berminat untuk menggunakan material ini. 

Cara Pemasangan Aluminium Composite Panel

Pada umumnya, cara pemasangan panel datar ini terbagi menjadi empat tahapan. Berikut adalah ringkasan tahapannya.

1. Tahapan persiapan

Persiapan pemasangan dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu teknis dan non teknis. Persiapan non teknis dapat meliputi pekerjaan administrasi, seperti menggambar desain, mensurvei lokasi, rencana anggaran biaya, mutual check awal dan lainnya. Selanjutnya, Anda bisa memperhitungkan budget dan material apa saja yang akan dibutuhkan.Perhitungkan segala sesuatu secara mendetail guna memperlancar pengerjaan konstruksi.

Persiapan yang kedua, yakni persiapan teknis, adalah dimana Anda menyiapkan alat-alat, bahan material dan juga jumlah pekerja. Peralatan bangunan yang biasa dipakai meliputi mesin router trimmer, mesin potong, bor mesin, mesin las, gun sealant (alat tembak lem kaca), dan alat ukur. Sedangkan bahannya meliputi, baut, dynabolt, kawat las, lap majun, mata mesin potong, masking tape, mur, sekrup dan router bit. Jangan lupa untuk memberikan pekerja Anda alat bantu pemasangan seperti scaffolding.

2. Tahap pengerjaan rangka

Pengaplikasian panel datar inil bisa pada dinding eksterior maupun interior sehingga pengerjaan rangka pun otomatis mengikuti penggunaan mana yang diinginkan. Namun kita ambil contoh pada standar pengerjaan rangka ACP pada dinding. Pengerjaan konstruksi rangka membutuhkan baja hollow galvanis dan bracket siku.

Potong baja hollow galvanis dan bracket siku sesuai ukuran yang dibutuhkan. Lalu, perkuat dudukan rangka hollow dengan bracket siku. Jika rangka menempel dinding gunakan dynabolt dan fiser. Namun jika langsung menempel pada rangka, Anda hanya perlu memasangnya dengan sekrup atau menggunakan proses las. 

Sesuaikan ukuran rangka dengan ukuran ACP, misal ukuran ACP adalah 100×100 cm maka sebaiknya Anda mengurangi ukuran rangka sebanyak 2 cm menjadi 98×98 cm. Gap tersebut dimaksudkan untuk meletakan bendingan/tekukan untuk kupingan ACP. Pemasangan ini nantinya akan menyisakan nat atau garis sambungan sebesar kurang lebih 1 cm untuk memasang sekrup pada bracing ACP dan rangka. 

3. Tahap pengerjaan aluminium composite panel

Lakukan pemotongan ACP sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan jangan lupa untuk memberikan jarak untuk bendingannya pula sebanyak 2 cm. Tekuk bendingan tersebut dan pasangkan bracket aluminium (spigot atau stiffener) dengan sekrup. Bracket ini akan mengunci letak ACP pada rangka. 

Selanjutnya, pasang ACP pada rangka yang sudah dibuat dengan memasang sekrup dari bracket ke rangka. Anda bisa menggunakan bantuan penglurus seperti benang agar pemasangannya rapi dan level permukaan sama rata. Pasang ACP sesuai dengan arah panah yang ada pada plastik pelindung. 

4. Tahapan finishing

Pengerjaan finishing yang utama adalah menyilen dengan menggunakan gun sealant. Pastikan Anda memilih pekerja yang ahli dalam melakukannya agar tidak berantakan. Pilih warna sealant sesuai dengan warna nat/garis sambung yang diinginkan. Gunakan masking tape atau lakban kertas untuk membuat garis batasan sehingga pemasangan sealant lebih rapi.

Ukuran Aluminium Composite Panel

Sebagai informasi tambahan, ACP memiliki dua jenis yang berbeda. Pertama, ada jenis polyester (PE). Jenis PE ini sering digunakan untuk interior seperti plafon, partisi dan penutup kolom. Kedua, jenis polyvinylidene fluoride atau polyvinylidene difluoride (PVDF). 

Berkebalikan dengan jenis PE, jenis PVDF ini digunakan untuk bagian eksterior. Jenis ini lebih tebal, tahan cuaca ekstrim dan warna tidak mudah memudar. Dari segi harga, jenis aluminium composite panel PVDF lebih mahal dari pada jenis PE. Bagaimana dengan macam ukurannya? Berikut adalah ukuran dan kisaran harga.

Tabel Ukuran dan Harga Aluminium Composite Panel

No.

Jenis

Ukuran

Harga per lembar

1. 

PE 0,21 mm

1220 x 2440 mm

Rp458.000 – Rp810.000

2.

PE 0,21 mm

1250 x 4880 mm

Rp1.498.500

3.

PVDF 0,30 mm

1220 x 2400 mm

Rp610.000 – Rp877.500

4.

PVDF 0,30 mm

1220 x 4800-4880 mm

Rp1.449.900 – Rp1.529.900

5.

PVDF 0,50 mm

1220 x 2400 mm

Rp1.325.000

6. 

ACP 2 mm

1220 x 2400 mm

Rp325.000 

7.

ACP 3 mm

1220 x 2400 mm

Rp330.000 – Rp410.000

8.

ACP 4 mm

1220 x 2400 mm

Rp515.000 – Rp820.000

Fungsi Aluminium Composite Panel

Aluminium composite panel sering digunakan untuk penutup permukaan pada dinding bangunan. Mulai dari gedung perkantoran, mall, hingga rumah, material ini dipilih untuk memberikan kesan artistik dan keindahan pada bagian eksterior bangunan. Warna APC ini tentu beragam, oleh karena itulah APC digunakan untuk dapat mempertegas kesan pada bangunan sesuai dengan identitas perusahaan.Pada bagian interior bangunan, aluminium composite panel biasa ditemukan penggunaanya sebagai partisi, penutup kolom dan plafon.

Kelebihan Aluminum Composite Panel

ACP memiliki banyak keunggulan sehingga pemakaiannya sering digunakan pada fasad bangunan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari ACP.

  1. Bahan yang ramah lingkungan
  2. Berbobot ringan
  3. Hadir dalam beragam jenis warna dan pola
  4. Memiliki permukaan yang rata dan halus
  5. Mudah dipasang sesuai kebutuhan
  6. Tahan terhadap api dan benturan
  7. Tahan terhadap cuaca panas dan hujan

Itulah penjelasan mengenai pengertian, cara pemasangan, ukuran, harga, hingga kelebihan dari aluminium composite panel. Disamping mampu mempercantik bangunan pada bagian eksterior, material ini juga mampu melindungi dinding bangunan dari cuaca dan iklim yang berubah-ubah. Pengaplikasian dan pemasangannya pun terbilang mudah sehingga banyak bangunan dan rumah yang menggunakan material ini.

Artikel Terkait